MODEL KOMUNIKASI ANAK DISABILITAS FISIK/DAKSA DAN GRAHITA DI YPAC SURABAYA

Annisa Syakina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat model komunikasi yang tepat antar
orang tua, pendidik (guru), dan dengan lingkungan sekitar untuk anak-anak
disabilitas fisik/daksa dan disabilitas grahita yang bersekolah di YPAC
Surabaya agar mereka dapat mandiri. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan sampel adalah orang tua, guru (pendidik), dan anak-anak
disabilitas fisik/daksa dan grahita.Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teori dari Harold D. Lasweel yaitu pembelajaran yang
mengatakan bagaimana komunikasi terjadi dalam proses pembelajaran. Hasil
data kuisioner yang diperoleh diolah menggunakan Statistical Package for the
Social Sciences (SPSS Versi 16.0), dan diperoleh kesimpulan bahwa bentuk
kemampuan komunikasi yang dapat dilakukan anak tuna grahita berupa
komunikasi satu arah dari peneliti ke subjek, sementara komunikas anak tuna
fisik/daksa dapat dilakukan dengan cara komunikasi verbal dan non verbal.
Sedangkan tuna grahita komunikasi yang dilakukan hanyalah non verbal


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 61| PDF views : 0

References


Atikha Nur Khoida, 2016, Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui

Penerapan Lasswel Communication Model, Konferensi Nasional Penelitian Matematika

dan Pembelajarannya (KNPMP1) ISSN: 2502-6526,2016, h.564.

Bogdan, Taylor. 2012. Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. (him.

. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan.2007.Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan

Ilmu Sosial lainnya.Jakarta:Putra Grafika

Creswell, John W, 2008, Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed,

Edisi Ketiga Pustaka Pelajar, Bandung.

Deddy Mulyana, 2010, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, (Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2010), h.17.

(https://www.pinterpandai.com/cara-mengurus-anak-cacat-yayasan-anak-cacat-

surabaya/), diakses 2 Pebruari 2019 jam 18:45.

https://docs.google.com/form), diakses 5 Maret 2019 jam 21:50.

________________. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di:

http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php. Diakses 22 September 2017.

Fatma Laili Khoirun Nida, 2013, Komunikasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Volume 1,

Nomor 2, Juli – Desember 2013 AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.

Hadi dan Sutrisno, 1992, Metodologo Research II Yogyakarta: Andi Offset.

Kentary, Ardina, 2012, Tindak Tutur Direktif dan Komisif pada Layanan Bimbingan

Konseling di SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar, Skripsi, Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Seminar Nasional Cendekiawan ke 5 Tahun 2019 ISSN (P) : 2460 - 8696

Buku 2: ”Sosial dan Humaniora“ ISSN (E) : 2540 - 7589

89.8

Nur Kholis Reefani,2013, Panduan Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta:

Imperium.2013. hlm.17.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat,

(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1997 Nomor 9, Tambahan Lembaran

Negara Republik Indonesia Nomor 3670).

Pengelompokan penyandang cacat pada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang

Penyandang Cacat dibagi menjadi penyandang cacat mental, penyandang cacat fisik dan

penyandang cacat mental dan fisik, Pasal 1 ayat (1).

Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 10 Tahun 2013 tentang Pelayanan dan

Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

Rochyadi, Alimin, 2005, Pengembangan Program. Pembelajaran individual Bagi Anak

Tuna Grahita, Jakarta, Depdiknas.

Somantri, Sujihati, 2006, Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung PT. Refika Aditama.

Suroyo dalam Efendi, 2008:114 ). http://eprints.umm.ac.id/44147/3/jiptummpp-gdl-

hidasetyan-48003-3-babii.pdf

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Hak-Hak Penyandang

Disabilitas, (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 107, Tambahan

Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5251) Hadi, Sutrisno, 1992, Metodologo

Research II Yogyakarta: Andi Offset.

Rina Wijayanti, 2018, Model Komunikasi Dalam Membangun Karakter Siswa Melalui

Outbound di Sekolah Alam Lampung, Skripsi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.6113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.