PENERAPAN PERATURAN PEMOLISIAN MASYARAKAT DI PROVINSI LAMPUNG

Tora Egen Sitompul, Lintje Anna Marpaung, Erlina B Erlina B

Abstract


Polmas adalah  suatu  kegiatan  untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan antara anggota polri dan masyarakat, sehingga mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya. Bagaimanakah Implementasi Pasal 26 Ayat (1) Huruf B Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Lampung Barat, 2). Apa yang menjadi faktor penghambat dalam implementasi tersebut? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dan empiris, menggunakan data sekunder dan primer, diperoleh dari studi literatur dan studi lapangan, serta analisis data dengan analisis yuridis kualitatif. Hasil penelitian yaitu Implementasi Pasal 26 Ayat (1) Huruf B Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Lampung Barat saat ini sudah dilakukan namun masih belum berjalan dengan efektif  dan  maksimal,  Faktor  diantaranya  yaitu:  kurangnya  jumlah  personel anggota Bhabinkabtimas di Polres Lampung Barat, masih minimnya sarana dan prasarana, belum optimalnya sosialisasi dan penyuluhan di bidang hukum dan keamanan kepada masyarakat kondisi alam yang cukup sulit ditempuh dan belum optimalnya  penerapanya. Disarankan hendaknya dapat lebih meningkatkan sosialisasi dan penyuluhan di bidang hukum khususnya para pemuda di  wilayah  Polres Lampung Barat sehingga dapat  menekan  dan meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 81| PDF views : 0

References


A. Wahyurudhanto. 2018. Analisis Kemampuan Deteksi Dini oleh Bhabinkamtibmas dalam Implementasi Polmas sebagai Penguatan Program Satu Polisi Satu Desa, Jurnal Vol. 12 No. 2 STIK-PTIK Jakarta.

Abdul Syani. 1995. Sosiologi dan Perubahan Masyarakat, Pustaka Jaya. Bandar Lampung.

Kunarto. 2001. Perilaku Organisasi Polri, Cipta Manunggal. Jakarta

Lawrence M. Friedman. 1993. Teori dan Filsafat hukum: Telaah kritis atas Teori-Teori Hukum (Susunan I). judul asli Legal Theory, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Ronny Lihawa dkk. 2009. Wajah Pemolisian Mayarakat, Kompolnas. Jakarta

Yoyok Ucuk Suyono. 2013. Hukum Kepolisian, Laksbang Grafika, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.