PENGARUHRASIO HUTANG MODAL( DER ),RASIO EFESIENSI KINERJA (BOP) , RASIO KECUKUPAN MODAL (CAR)TERHADAPKINERJA PERUSAHAAN ( ROA ) DENGAN RASIO PERTUMBUHAN ( GROWTH) SEBAGAI VARIABEL MODERASI.

Maria Suherminingsih, Vinola Herawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh rasio hutang modal (DER), rasio efesiensi kinerja (BOPO), rasio kecukupan modal (CAR), terhadap kinerja perusahaan (ROA), dengan rasio pertumbuhan (GROWTH) sebagai variable moderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 20 perusahaan dalam sampel ini. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan metode fixed  effect dengan menggunakan aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Rasio Hutang Modal (DER) berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan (ROA) sedangkan Rasio Efesien Kinerja (BOPO), Rasio Kecukupan Modal (CAR) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan (ROA). Variabel Rasio Pertumbuhan (GROWTH) (MODERASI) berpengaruh memperlemah Rasio Hutang Modal (DER) terhadap Kinerja Perusahaan (ROA) sedangkan Rasio Efesien Kinerja (BOPO), Rasio Kecukupan Modal (CAR) tidak berpengaruh memperkuat terhadap Kinerja Perusahaan (ROA).


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 451| PDF views : 0

References


Yunia Putri Lukitasari (2014). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada Sektor Perbankan. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang.

Yulita M. Gunde,Sri Murni, Mirah H. Rogi (2017). Analisis Pengaruh Leberage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sub Industri Food and Benerages Yang Terdaftar di BEI ( Periode 2012-2015). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi

Adyani, Lyla Rahma. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas.

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Darmawi,Herman.(2011).Manajemen Perbankan.Jakarta: Bumi Aksara

Defri. (2012). Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Likuiditas dan Efesiensi Operasional Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen, Nomor 1, September 2012.

Doloksaribu, Tio Arriela. (2012). Pengaruh Rasio Indikator Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Perbankan Go Publik.

Husnan, Suad. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan : UPP STIM YKPM. Yogyakarta

Afriyanti, Meilinda. 2011. Analisis Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt To Equity Ratio, Sales Dan Size Terhadap Roa (Return On Asset) Pada Perusahaan

Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2009. Skripsi.

Universitas Diponogoro. Semarang

Andriyani, Ni Putu Devi. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran, Perusahaan,dan Tangibility Asset Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Asuransi yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Sarajana Jurusan Manajemen FakultasEkononi dan Bisnis Universitas Udayana Bali.

Putra, A.A Wela Yulia dan Ida Bagus Badrja. 2015. Pengaruh Leverge, PertumbuhanPenjualan, Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Food

And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). E-Journal ManajemenUniversitas Udayana, 4(7), h: 2052-2067.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.