PENGARUH OPINI AUDIT, PENGGANTIAN AUDITOR, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP AUDIT REPORT DELAY DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2016 – 2018)

Rulina Saraswati, Vinola Herawaty

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh audit report delay pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2016 -2018.  Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah opini audit, pengantian Auditor, profitabilitas, solvabilitas dan likuiditas sebagai variabel independen, sedangkan audit report delay sebagai variabel dependen dan kepemilikan manajerial sebagai moderator, dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2016 -2018. Data yang digunakan adalah data sekunder dan kuantatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa opini auditor, pengantian Auditor, profitabilitas, solvabilitas dan likuiditas berpengaruh audit report delay, kepemilikan manajerial sebagai moderator, dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Kata Kunci : Opini Audit (OA), Penggantian Auditor (PA), Profitabilitas (Pro), solvabilitas (Sol) dan Likuiditas (Lik) dan Kepemilikan Manajerial (KM) sebagai moderator, dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. dan Audit Report Delay (ARD).


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 662| PDF views : 0

References


Amani, F.A. Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, opini audit dan umur perusahaan terhadap audit delay (studi empiris pada perusahaan real estate dan property yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Jurnal Nominal/volume V Nomor 1/ tahun 2016.

Bapepam 2011. Keputusan Ketua Bapepam No. X.K.2 lampiran Keputusan Ketua Bapepam-LK No. Kep-346/BL/2011 tentang peraturan mengenai Penyampaian Laporan Keuangan Berkala Emiten dan Perusahaan Publik.

Boynton dan kell (dalam Estrini, 2013). Ketepatan waktu penyajian laporan keuangan dan laporan audit (timeliness) perusahaan-perusahaan go public.

Givoly dan Palmon, 1982 dalam Estrini, 2013. Nilai dari informasi laporan keuangan perusahaan yang sudah go public dan tercatat di Bursa Efek.

Ghozali, Iman 2011. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS19. Semarang : BPFE Universitas Diponegoro.

Hartono Putra 2017. Pengaruh ukuran perusahaan, reputasi KAP, profitabilitas, dan leverage terhadap audit delay (studi empiris pada perusahaan real estate dan property yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015.

Khoirul Anam, Volume 10 (1), April 2017. Determinan yang mempengaruhi audit delay, pada perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Praptika dan Rasmini (2016). Ketepatan waktu penyajian laporan keuangan dan laporan audit menjadi prasyarat utama bagi peningkatan harga saham tersebut.

Ramadhan Irvan 2017. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay, pada perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.