INCOME SMOOTHING SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, PESISTENSI LABA, GROWTH TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC)

Nathalie Nathalie

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perataan laba, peluang pertumbuhan, persistensi laba dan leverage pada Earnings Response Coefficient dengan income smoothing sebagai variabel moderating. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yang ukuran perusahaan dan profitabilitas. Desain/ Metologi/Pendekatan : Menggunakan (Scott, 2006), metode ini mengukur Earnings Response Coefficient menggunakan CAR dan UE sebagai alat ukur, penulis meneliti  sampel pengamatan sebanyak 41 perusahaan property, real estate dan building construction yang terdaftar di BEI dari tahun 2016 sampai 2018. Orisinalitas/ nilai : Pertama penulis ingin membuktikan koefisien laba dapat dipengaruhi oleh karakteristik perusahaan dan di moderasi oleh income smoothing, berbeda dengan penelitian sebelumnya terdapat variable corporate governance yang memoderasi hubungan variable karakteristik perusahaan pada ERC. Manfaat yang diberikan dari penelitian ini untuk membantu melakukan keputusan investor untuk menginvestasikan kedalam perusahaan property, real estate building dan construction dengan menilai kualitas labanya. Peneliti menemukan temuan hasil dari perusahaan property, real estate dan building yang secara kualitas laba menurun, akibat penurunan pertumbuhan property melemah sehingga karakteristik perusahaan tidak dapat mempengaruhi ERC.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 197| PDF views : 0

References


Ball, R., and P. Brown, 1968, “An Empirical Evaluation of Accounting Income Numbers”, Journal of Accounting Research : hal. 159-178.

Carlson, Steven J, dan Bathala Chenchuramaiah T. (1997). Ownership Differences and Firm’s Income Smoothing Behavior. Journal of Business and Accounting 24 (2), March : 179-196.

Chaney, P.K. dan D.C. Jeter, 1991. “The Effect of Size on The Magnitude of long window Earnings Response Coefficient”, Contemporary Accounting Research. Vol. 8, No. 2, pp 540-560.

Cho, L.Y., and K. Jung. (1991). Earnings Response Coefficients: A Synthesis of Theory and Empirical Evidence. Journal of Accounting Literature, Vol.10. pp 85-116.

Ecker, F.; J. Francis; I. Kim; P.M. Olsson; and K. Schipper. 2006. “A Return-Based Representation of Earnings Quality.” The Accounting Review, Vol. 81, No. 4, July: 749 – 780.

Eisenhardt, Kathleem. (1989). Agency Theory: An Assesment and Review. Academy of Management Review, 14. Hal 57-74.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.