PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, LIKUIDITAS, OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2015-2018)

Nita Priantoko, Vinola Herawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap audit report lag pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, dan opini audit sebagai variabel independen, kualitas audit sebagai variabel moderasi, sedangkan audit report lag sebagai variabel dependen. Sampel penelitian ini terdiri dari 69 perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menyampaikan laporan keuangan ke OJK dalam periode tahun 2015-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Model analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan Eviews 10.0. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas dan kualitas audit yang mempunyai pengaruh negative signifikan terhadap audit report lag, sedangkan variabel solvabilitas, opini audit tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap audit report lag. Dan kualitas audit sebagai variabel moderasi   tidak memperkuat pengaruh profitabilitas, likuiditas dan opini audit terhadap audit report lag. Kualitas audit juga tidak memperlemah solvabilitas terhadap audit report lag


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 507| PDF views : 0

References


Jensen, Michael C. dan Meckeling, William H. “Theory of The Firm: Managerial Behavior,

Agency Costs and Ownership Structure”. Journal of Financial Economics Vol. 3 No. 4, 1976




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.