STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA WHATSAPP (STUDI KASUS GARUDA INDONESIA SOLO)

Boedi Priantoro

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya pengguna media sosial whatsapp sebagai media komunikasi untuk berbagi dokumen dan gambar,Video call,  bahkan untuk melakukan aktifitas marketing komunikasi. Dalam menghadapi persaingan di industri Penerbangan sangat diperlukanstrategi Komunikasi pemasaran untuk melakukan promosi, bentuk komunikasi pemasaran digital sangat tepat di era 4.0 saat ini. Strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial ini dapat  menggunakan pendekatan DAMO (Discovery, Adventure, Momentum, dan Outlook). Penggunaan media sosial seperti whatsapp sekarang ini sudah digunakan para pebisnis, profesional, mahasiswa dan bahkan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan media whatsapp oleh sales dan Marketing Garuda Indonesia Solo dalam menyampaikan pesan-pesan promosi produk secara visual agar bisa tersampaikan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif deskriptif. Data penelitian ini didapatkan dari informan-informan utama dari unit marketing dan sales garuda Indonesia Solo. Hasil dari penelitian ini adalah : pertama strategi komunikasi dengan menggunakan media whatsapp dapat memangkas biaya marketing, kedua, komunikasi dengan media whatsapp dengan sangat cepat sampai ke target market yang diinginkan, ketiga, dengan strategi komunikasi pemasaran melalui whatsapp, konsumen dapat memberikan feedback sehingga akan terjalin interaksi secara langsung.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 250| PDF views : 0

References


Creswell John W. 2018. Research Design. Qualitative, Quantitative, and Mixed Methodes Approaches 4th Ed. Sage Publication, Inc.

Dedi Purwana ES, 2017, Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka sari, Duren sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), vol 1 no 1, Juli 2017

Edi Suryadi, 2018, Strategi Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

GM Susanto, 2017, The Power Of Digital Marketing, PT.Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Hermawan Kertajaya, 2018, Planet OMNI The New Yin Yang of Business, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Peneliti madya Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika ( BPPKI) Surabaya, 2017, Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Di Kalangan Tokoh Masyarakat, Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol 66 no 3, November 2017.

Philip Kotler and Kevin Lane, 2008, Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta

Stephen W Littlejohn, Karen A. Foss, 2011, Teori Komunikasi, Salemba Humanika, Jakarta

Suharto Abdul Majid,2018, Manajemen Strategi perusahaan Penerbangan,IN MEDIA, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.