ANALISA JENIS INSULASI TERHADAP PIPA PENGHANTAR UAP PANAS UNTUK MESIN PEMASAK BAN MOTOR DENGAN KAPASITAS 2000 BAN PER HARI PADA PT. XYZ DI TANGERANG

Tri Yuniarto, Chalilullah Rangkuti

Abstract


Curing merupakan salah satu proses dalam pembuatan ban yang bertujuan untuk mencetak atau membentuk green tire (ban setengah jadi) menjadi sebuah ban seperti yang ada di pasaran. Dalam proses pemasakan ban, salah satu energi yang digunakan adalah energi panas yang berasal dari uap. Uap adalah air dalam kondisi gas dengan suhu dan tekanan tertentu yang diproduksi di ketel uap yang nantinya digunakan untuk pemenuhan kebutuhan energi panas 21 mesin curing. Temperatur uap panas harus dijaga sedemikian rupa, sehingga diperlukan sebuah insulasi pipa yang mampu menjaga uap panas tidak kehilangan temperatur secara signifikan saat proses pendistribusianya. Analisa dilakukan dengan menghitung jumlah kehilangan panas untuk beberapa jenis insulasi dengan tebal minimal yang dibutuhkan. Terdapat tiga jenis insulasi yang dianalisa yaitu insulasi jenis Rockwool pipe cover, Glasswool Pipe cover, dan  Calcium silicate pipe cover. Proses analisa dilakukan pada suhu 200 0C dan didapatkan insulator  jenis rockwool adalah yang terbaik untuk digunakan pada pendistribusian uap panas untuk mesin curing ini dengan minimal ketebalan yang dibutuhkan yaitu 10,6 mm, laju perpindahan panas yang paling minimal dibandingkan bahan lainya adalah 52,95 W/m serta harga yang paling murah yaitu Rp.125,350 per meter untuk diameter pipa 3 in. 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 58| PDF views : 0

References


E. Shashi Menon, P. E. (2005). Piping Calculations Manual. McGraw-Hill.

Holman, J. P. (2010). Heat Transfer (Tenth Edit). American, New York: McGraw-Hill.

Mohinder L. Nayyar, P. E. (2000). Piping Handbook (Seventh Ed). United States of America: McGraw-Hill.

Muntolib dan Rusdiyantoro. (2014). Analisa Bahan Isolasi Pipa Saluran Uap Panas Pada Boiler Untuk Meminimalisir Heat Loss. Teknik, 12(2).

Pudhin, S. (2015). Analisis Penentuan Spesifikasi Parameter Proses Curing Tire Menggunakan Nitrogen Di Plant R PT Gajah Tunggal Tbk. Politeknik Gajah Tunggal.

Widiatmini Sih Winanti. (2006). Perbaikan Jalur Distribusi Steam Untuk Penghematan Steam Pada Industri Kertas. Teknik Lingkungan PTL-BPPT, Edisi Khus, 51–57.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.