ANALISA EKSERGI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP PT X UNIT 1 BABELAN

Febri Ramdhan, Chalilullah Rangkuti

Abstract


Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT X Unit 1 Babelan yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat memiliiki 2 unit pembangkit dengan kapasitas masing-masing 140 MW. PLTU Babelan unit 1 mulai beroperasi secara komersil pada tahun 2016 disusul oleh unit 2 pada tahun 2017. Selama 3 tahun beroperasi, performa pembangkitan pada PLTU Babelan unit 1 mengalami penurunan diikuti dengan penurunan efisiensinya. Evaluasi kinerja dari PLTU Babelan Unit 1 dapat dilakukan dengan menggunakan analisa eksergi. Analisa eksergi dapat digunakan untuk menentukan besar, lokasi, dan efisiensi komponen pembangkit pada kapasitas penuh. Data operasional pembangkit berupa tekanan, temperatur dan laju massa pada PLTU digunakan untuk mendapatkan nilai energi dan ekserginya. Rugi-rugi eksergi dari komponen-komponen utama PLTU diketahui dari selisih antara eksergi yang masuk dan eksergi yang keluar dari sebuah komponen. Hasil dari analisa eksergi menunjukan bahwa eksergi yang musnah terdapat pada komponen boiler dengan nilai 245,52 MW atau 86,1% dari total eksergi yang musnah pada keseluruhan sistem PLTU. Diikuti oleh komponen Turbin dengan nilai eksergi yang musnah sebesar 20,14 MW atau 7,1% dari total eksergi yang musnah. Nilai yang diperoleh dapat menjadi dasar bagi manajemen PT X dalam pengambilan keputusan untuk optimasi proses pembangkitan secara keseluruhan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 120| PDF views : 0

References


Abdul A, 2011, Analisa Eksergi PLTP Kamojang 68 Kapasitas 3 MW, Jurnal Rekayasa Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Vol. 7, No 2, pp. 115-125.

Adrian B. et al., 1996. Thermal Design and Optimalization, John Wiley and Son, New York.

Aries K, dan Chalilullah R, 2016, Analisa Energi Dan Eksergi Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Seminar Nasional Cendekiawan.

Bidang Operasi System P3B, Komposisi Daya Mampu Neto Pembangkit Sistem Jawa Bali,[on-line]. Tersedia http://hdks.pln-jawa-bali.co.id [diakses tanggal 20 Maret 2019]

C. Ö. Çolpan, 2005, Exergy Analysis of Combined Cycle Cogeneration System, M.Sc. thesis, School of Natural and Applied Sciences.

Nasrudin dan Pujo S, 2015, Analisa Energi, Exergi dan Optimasi pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap Super Kritikal 660 MW, Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XIV.

Yunus C, Thermodynamics: An Engineering Approach, Edisi ke-6, McGraw Hill Higher Education. 2007, pp, 52-490.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.