ANALISA AIR FORMASI TERHADAP KECENDERUNGAN PEMBENTUKAN SCALE CALCIUM CARBONATE (〖CaCO〗_3) DAN CALCIUM SULFATE (〖CaSO〗_4)

Riri Liestyana, Lestari Said, Reno Pratiwi

Abstract


Salah satu permasalahan yang dapat mempengaruhi penurunan produksi pada reservoir adalah adanya endapan scale yang terdapat dalam formasi maupun peralatan produksi. Untuk memprediksi kecenderungan terbentuknya scale pada air formasi, dilakukan pengujian terhadap air formasi di laboratorium. Analisa air formasi dilakukan dengan dua metode, yaitu Stiff & Davis, dan Skillman, McDonald, & Stiff. Terdapat empat sampel air formasi yang diuji dalam pegukuran pembentukkan scale. Dari hasil analisa dan perhitungan dengan metode Stiff dan Davis, air formasi pada sampel SAF-1, dan SAF-3 memungkinkan terbentuknya scale Calcium Carbonate () sangat besar dimana harga SI masing-masing adalah 2,0588 dan 1,9451. Sedangkan pada air formasi sampel SAF-2 dan SAF-4 harga SI adalah 0,1922 dan 0,6418, menunjukkan bahwa air formasi berada pada posisi sangat jenuh terhadap . Sehingga kemungkinan terbentuknya scale  sangatlah kecil. Scale Calcium Sulfate () dapat di perkirakan dari perbandingan besarnya nilai kelarutan  yang sebenarnya (S’) dengan perhitungan kelarutan gypsum (S). Dari hasil analisa dengan metode Skillman, McDonald & Stiif, scale Calcium Sulfate () pada air formasi untuk semua jenis sampel sangat kecil kemungkinan untuk terbentuk karena nilai S lebih besar di bandingkan nilai S’. 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 181| PDF views : 0

References


Ahmad, N.M. dan Lestari, S. (2015): Analisa air formasi dalam menentukan kecenderungan pembentukan scale pada sumur X,Y, dan Z, https://media.neliti.com/media/publications/172538-ID-analisa-air-formasi-dalam-menentukan-kec.pdf. Download (diturunkan/diunduh) pada Juli 2017

Baskoro, A.G. Mekanisme pembentukan dan jenis scale, https://id.scribd.com/doc/169250778/Mekanisme-Pembentukan-Dan-Jenis-Scale/. Download (diturunkan/diunduh) pada Desember 2018.

Lestari. Wahyuni, S., dan Sitaresmi, R. (2017): Problema scale di beberapa lapangan migas, Proc. IATMI symposium.

Permatasari, R. (2011): Studi penanggulangan problem scale dari near-wellbore hingga flowline di lapangan minyak limau, Skripsi Program Sarjana, Teknik Kimia, Universitas Indonesia

Pranondo, D. dan Agusandi S. (2017): Evaluasi permasalahan scale sumur SA-33, SA-101, SA-104 dan SA-108 di PT. Pertamina EP Asset 1 field Ramba, Jurnal Teknik Patra Akademika, vol 8, 11-21.

Setiawan, M. (2008): Studi laboratorium air formasi dalam pembentukan scale, Skripsi Program Sarjana, Teknik Perminyakan, Universitas Trisakti.

Tim Laboratorium Fluida Reservoir, Petunjuk praktikum analisa air formasi, Universitas Trisakti, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.3528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.