ANALISA INJEKSI AIR DENGAN METODOLOGI BUCKLEY-LEVERETT

Nidiarti Nidiarti, Lestari Said, Onnie Ridaliani

Abstract


Pada lapangan X dilakukan proses injeksi air yang dilakukan pada tahun 2014. Proses injeksi dilakukan untuk menaikan produksi minyak dengan mendesak minyak yang masih terdapat pada reservoir sehingga dapat di produksikan. Pada tahun 2014 laju injeksi yang digunakan dinilai tidak ekomis sehingga dilakukan penutupan sementara pada sumur-sumur produksi. Sehingga perlu dilakukan analisa mengenai laju injeksi yang digunakan pada awal injeksi agar laju alir produksi minyak dapat mencapai nilai optimum dan memiliki recovery factor yang membuktikan bahwa injeksi air dapat menambah kumulatif produksi minyak serta tidak perlu melakukan penutupan sumur sehingga mencari laju injeksi air yang membuat sumur produksi mempunyai laju alir minyak yang masih diatas nilai ekonomis yaitu sebesar 10 stb/d. Salah satu metodologi yang dapat digunakan dalam menentukan perencanaan laju injeksi air adalah Buckley-Leverett yang membuat dasar persamaan mengenai dua fluida pada reservoir yang saling tidak bercampur dalam reservoir yang horizontal dan memiliki sistem yang linear. Pada metodologi ini dapat memperlihatkan hubungan dari laju injeksi air dengan sumur produksi yang dimulai dari tahap pengisian zona penyapuan, tahap dimana kenaikan produksi, sampai tahap dimana saturasi air yang mengalami kenaikan selama injeksi air.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 135| PDF views : 0

References


Ahmed, Tarek H.,”Reservoir Engineering Handbook”, Gulf Publishing Company, Houston, Texas,1946.

“Eclipse 100 Reference and Technical Description Manual”,Version 2002 A, Geoquest Schlumberger,2002.

Kasmungin, Sugiatmo. “Pengantar Enhanced Oil Recovery”, Universitas Trisakti,1995.

Lee,J.,, “Water Flooding Industri”, Petroleum Enginering Departement, A&M University, Texas, 1005.

Lestari., “Kimia Fisik Hidrokarbon:, Universitas Trisakti, Jakarta, 1993.

Rukamana, D.,Kristanto,D., Cahyokon A., “Teknik Reservoir : Teori dan Aplikasi”, Pohon Cahaya, Yogyakarta, Indonesia, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.3472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.