ALTERNATIF PEMANFAATAN PENUTUPAN TPA GALUGA BERDASARKAN PENILAIAN RESTORATION PROBLEMS

Cut Febie Idilia, Hilarion Widyatmoko, Pramiati Purwaningrum

Abstract


Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang akan ditutup harus sudah memiliki rencana alternatif untuk dimanfaatkan kembali yang bertujuan untuk memberikan lahan yang aman setelah TPA tersebut ditutup. Alternatif pemanfaatan ini di dapat berdasarkan perbandingan yang dapat menjadi permasalahan pada TPA setelah ditutup. Kebanyakan alternatif yang direncanakan untuk TPA yang telah ditutup adalah mengubah lahan tersebut menjadi hutan atau taman rekreasi. TPA Galuga dapat diubah menjadi Hutan atau taman rekreasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 132| PDF views : 0

References


Anonim, 2017. Laporan Klimatologi Kota Bogor. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Bogor Stasiun Uji Dramaga.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor. Rekap Sampah Bulanan 2016. Tidak Dipublikasikan.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Revitaslisasi TPA Keputih.

Tidak Dipublikasikan

Christensen, Thomas H, Cossu R, and Stegman Reinan. 1994. Landfill of Waste, McGrawHill, Singapore

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.3374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.