EVALUASI BEBAN TORSI DAN DRAG PADA SUMUR BERARAH MILA DI LAPANGAN LEPAS PANTAI LAUT JAWA BAGIAN BARAT DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE DSWE

Albreta Emilia, Mumin ., Simorangkit .

Abstract


Pemboran berarah adalah sebuah teknologi pemboran dengan membelokkan lubang bor menuju kearah tertentu untuk mencapai target dibawah permukaan bumi yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam pemboran berarah, timbulnya beban torsi dan drag yang ditanggung oleh rangkaian pipa bor merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemboran. Tersebut Sumur Mila adalah salah satu sumur pengembangan gas yang terletak pada Cekungan Sunda yang berjarak kira-kira 50 mil arah Barat Laut dari Jakarta. Dalam kegiatan operasi pemboran pada sumur tersebut, dijumpai adanya peningkatan torsi yang tinggi dibeberapa titik pada saat kegiatan operasi pemboran sedang berlangsung. Salah satu penyebabnya adalah karena kondisi lubang bor yang tidak begitu baik, yaitu karena banyaknya cutting yang ditemukan pada lubang bor. Pada penelitian ini akan ditinjau faktor – faktor yang menyebabkan meningkatnya torsi dan drag pada proses pemboran sumur tersebut . Dan diharapkan dari hasil penelitian ini akan dapat diperoleh suatu cara penanggulangan yang tepat untuk mencegah terjadinya masalah yang mengakibatkan munculnya torsi dan drag yang tinggi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0


DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.