EVALUASI LINTASAN PEMBORAN BERARAHDENGAN METODE MINIMUM OF CURVATURE PADASUMUR X LAPANGAN Y PETROCHINA INTERNATIONAL

Abdul Hamid, Aan Setiawan

Abstract


Pemboran berarah adalah suatu teknik membelokkan lubang sumur untuk kemudian diarahkan ke suatu sasaran tertentu di dalam formasi yang tidak terletak secara vertikal.Dalam membor suatu formasi, selalu diinginkan lubang vertikal, namun karena alasan-alasan yang menyangkut faktor geologis, faktor topografis, faktor ekonomis, dan lain-lain maka pemboran berarah menjadi salah satu pilihan. Masalah akan timbul dimana lintasan yang terbentuk tidak sesuai dengan yang direncanakan, meskipun target kedalaman formasi yang diinginkan tercapai. Hal ini dapat berpengaruh pada bertambahnya waktu operasi yang tidak produktif dan tentunya biaya pemboran yang semakin bertambah.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka survey pemboran harus dilakukan untuk melihat arah penyimpangan lintasan dan mengarahkan pemboran kembali pada lintasan yang direncanakan.Metode yang digunakan dalam perhitungan lintasan pemboran didasarkan pada metode Minimum of Curvature.
Di dalam penulisan ini mencoba untuk melihat penerapan dari suatu perencanaan lintasan pemboran berarah dan melakukan evaluasi keberhasilan perencanaan lintasan pemboran yang hasilnya diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dan menjadikan operasi pemboran lebih efektif dan efisien.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0


DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.