STUDI POTENSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GELOMBANG LAUT DENGAN METODA OSCILATING WATER COLUMN DI PERAIRAN KENDARI INDONESIA

Faulincia Faulincia

Abstract


Merujuk pada Undang-undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, perkembangan teknik konversi energi listrik dengan menggunakan sumber energi alternative menjadi menarik untuk diikuti selama beberapa tahun terakhir ini. Makalah ini membahas mengenai analsis perhitungan potensi daya konversi tenaga gelombang laut dengan menggunakan sistem Oscilating Water Column (OWC) di wilayah kelautan di Indonesia. Sistem ini dipilih karena memiliki banyak keuntungan dibanding sistem lainnya dan sesuai dengan wilayah kelautan dan pantai Indonesia. Dari hasil perhitungan daya didapatkan daya terkecil yang dapat dihasilkan adalah sebesar 348.5838 Watt sementara daya terbesar yang dapat dihasilkan adalah sebesar 623291.4 Watt Penerapan sistem oscillating water column di wilayah perairan Kendari dengan efisiensi 11,971%.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0


DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.