Kajian Kesiapan dan Penerimaan Teknologi Aplikasi Google Documents untuk Penyelesaian Tugas Kelompok Siswa: Studi Kasus Pada SMA Mardi Waluya Cibinong

Alusyanti Primawati

Abstract


Salah satu aplikasi berbasis teknologi cloud computing yang diperkenalkan kepada siswa SMA Mardi Waluya Cibinong adalah aplikasi Google Documents. Penggunaan teknologi aplikasi Google Documents atau yang dikenal Google Docs ini menimbulkan reaksi pada diri penggunanya, yaitu berupa penerimaan maupun penolakan. Penerimaan sebuah teknologi sangat dipengaruhi oleh kesiapan dari pengguna terhadap teknologi tersebut, hal ini sudah dibuktikan secara empiris oleh Walczuch et al (2007). Beradaptasi dari penelitian tersebut dan penelitian pendukung lainnya maka penelitian yang berjudul “Kajian Kesiapan dan Penerimaan Teknologi Aplikasi Google Documents untuk Penyelesaian Tugas Kelompok Siswa: Studi Kasus SMA Mardi Waluya Cibinong” ini bertujuan untuk mengkaji apakah para siswa di SMA Mardi Waluya Cibinong sudah memiliki kesiapan dan menerima teknologi aplikasi Google Documents untuk penyelesaian tugas kelompok dari sekolah. Model yang digunakan untuk menggambarkan hubungan yang faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan dan penggunaan aplikasi Google Documents tersebut adalah Technology Readness Index (TRI) pada Technology Acceptance Model (TAM) dengan metode penelitian menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) pada perangkat lunak Analisys of MOment Structure (AMOS) versi 18.0. Penelitian ini dilakukan sebelum Google Documents berkembang menjadi Google Drive. Hasilnya variabel kemampuan diri terhadap komputer dan variabel kesiapan yaitu optimis dan inovasi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel penerimaan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0


DOI: http://dx.doi.org/10.25105/semnas.v0i0.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Seminar Nasonal Cendekiawan, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved.