PEMILIKAN KONDOMINIUM HOTEL/KONDOTEL DI BANDUNG, JAWA BARAT

Elsi Kartika Sari

Abstract


Semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal, tidak hanya golongan masyarakat dengan penghasilan rendah yang menjadi target penyediaan rumah susun. Masyarakat dari kalangan menengah dan menengah ke atas pun turut menjadi target pasar penjualan rumah susun. Selain sebagai alternative akan tempat tingaal, memiliki sebuat unit rumah susun merupakan suatu investasi yang dilihat oleh masyarakay menjanjikan dan menguntungkan. Karena la itulah perkembangan konsep dari kondomnium tidak hanya sebagai rumah susun seperti yang selama ini kita ketahui, tetapi juga sebuah kosep yang dikenal dengan Condomnium Hotel (condotel). Condomnium Hotel (condotel)  adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dalam arah horizontal maupun vertikal yang merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama, tanah bersama, dan difungsikan sebagai hotel. Dengan pembangunan sarana akomodasi semakin bertambah karena para investor melihat perkembangan pariwisata Bandung merupakan arena yang menarik untuk menanamkan modal terutama di bidang sarana akomodasi sebagai investasi.Aspek hukum dalam pelaksanaan konsep investasi kondominium hotel tidak terlalu berbeda dengan pelaksanaan konsep rumah susun yang diatur dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun baik dalam pembangunan kondominium hotel, kepemilikan satuan unit kondominium hotel, pengurusan dan pengelolaan kondominium hotel. Hubungan hukum dalam pemilikan Kondominium Hotel di Bandung  berdasarkan perjanjian yang terjadi antara para pihak dalam konsep investasi kondominium hotel Secara umum, kontrak lahir pada saat tercapainya kesepakatan para pihak mengenai hal yang pokok atau unsur esensial dari kontrak tersebut. Hal ini terjadi karena belum ada peraturan pemilikan Kondominium dalam konsep Kondominium Hotel dalam peraturan daerah di Jawa Barat sehingga berlaku berdasarkan Perjanjian yang diatur dalam KUH Perdata dengan memperhatikan Asas kebebasan berkontrak yang diatur dalam Pasal 1338 dan Pasal 1320 KUH Perdata. Ada dua bentuk perjanjian yang terjadi antara pihak penanam modal dengan pihak pengembang dalam konsep investasi pemilikan kondominium hotel yang terjadi  karena Perjanjian jual-beli, akan dibuatkan Akta Jual Beli oleh PPAT dan Perjanjian penyerahan hak sewa kelola unit.

 

Kata Kunci:  Kondominium Hotel


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 477| PDF views : 0

References


Buku

Ridwan Halim, Hukum Kondominium Dalam Tanya Jawab, Cet. Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Adrian Sutedi, Hukum Rumah Susun dan Apartemen, Cet. Pertama, Ed. Pertama, Jakarta: Sinar Grafika, 2010.

Ahmadi Miru, Hukum Kontrak dan Perancangan Kontrak, Ed. Pertama, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.

Arie.S.Hutagalung, Kondominium dan Permasalahannya, edisi Revisi, Jakarta: Badan Penerbitan Fakultas Hukum Universitas Trisakti, 2007.

Dhaniswara.K. Harjono, Hukum Penanaman Modal. Ed. Pertama. Cet. Pertama , Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Erwin Kallo, Panduan Hukum untuk Pemilik/Penghuni Rumah Susun (Kondominium, Apartemen, dan Rusunami), Minerva Athena Pressindo, Jakarta, 2009.

Erwin Kallo, Pengetahuan tentang Property di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Kartini Muljadi dan Gunawan Widjaja, Perikatan Pada Umumnya, Cet. Pertama, Ed. Pertama, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003.

Salim H. S dan Budi Sutrisno, Hukum investasi di Indonesia, Ed. Pertama, Jakarta: Rajawali Press, 2008.

Soerjono Soekanto& Sri Mamuji, Penelitian Hukum Normatif, Suatu Tinjuan Singkat, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2007.

Soerjono Soekanto, Penelitian Hukum, Jakarta, UI Press, 1982.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-undang No. 25 Tahun 20207 tentang Penaman Modal.

Undang-undang No. 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun

Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun

Peraturan Pemerintah Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 2 Tahun 1989 tentang Bentuk dan Tata Cara Pengisian serta Pendaftran Akta Pemisahan Rumah Susun.

On-Line Dari Internet

"Perusahaan Singapura Kelola Apartemen di Bandung", https: //properti.kompas.com/read/2018/02/19/160000521/perusahaan-singapura-kelola-apartemen-di-bandung9 diakses pada 20 april 2018

Emma G., “What Is a Condotel?”, http://www.wisegeek.com/what-is-a-condotel.htm(diakses pada tanggal 25 Maret 2018)

http://utama.seruu.com/read/2014/05/10/213138/pertumbuhan-kondominium-hotel-selaras-peningkatan-pariwisata

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/detail/konsep-praktek-penilaian-kondotel

Tesis

Elmaliza, Kepemilikan Bersama Terhadap Tanah Pertapakan Atas Bangunan Rumah Susun yang dikuasai dengan Sistem Strata Title, Tesis, Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Medan, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.