ANALISIS COMPRESSIVE STRENGHT DAN THICKENING TIME SEMEN KELAS G DENGAN PENAMBAHAN ADDITIVE SODIUM LIGNOSULFANATE DAN CACL2 PADA SKALA LABORATORIUM

Cahaya Rosyidan

Abstract


Fisika adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang alam semesta, baik mempelajari partikel yang berukuran kecil sampai dengan planet yang berukuran makro. Bidang kajiannyapun beragam dari mempelajari struktur bumi sampai dengan sistem tata surya. Salah satu penerapan ilmu fisika adalah di bidang industri perminyakan. Perkembangan teknologi perminyakan dewasa ini sangat pesat sekali, salah satunya adalah dalam pengeboran atau drilling. Operasi pemboran tidak pernah lepas atau mengabaikan penggunaan fluida pemboran. Fluida pemboran terdiri dari dua pekerjaan yakni rekayasa lumpur pemboran dan penyemenan.Penyemenan diperlukan supaya dapat mengurangi permasalahan sewaktu melakukan pemboran pada trayek selanjutnya. Tingkat keberhasilan penyemenan ditentukan oleh 2 hal yakni kualitas bahan penyemenan yang terdiri dari bahan dasar semen serta aditif dan teknik pelaksanaan penyemenan. Pada penambahan Sodium Lignosulfonate terjadi penurunan nilai compressive strength  dan menaikan nilai thickening time pada konsentrasi 1% adalah 255 menit dengan temperatur 80°F karena pada dasarnya additive ini bersifat retarder. Pengujian additive Calcium Chloride untuk nilai compressive strength sangat efektif pada konsentrasi 7% dengan hasil test 4483 psi pada temperatur 150°F, sedangkan pada temperatur 80°F dan 100°F hasil test yang didapat sebesar 2393 psi dan 2888 psi, sedangkan nilai thickening time menurun dikarenakan sifat additive ini sebagai accelerator.

Keywords


Fluida, Penyemenan, Pengeboran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 82| PDF views : 0

References


API Spec. 10A, Specification for Cements and Materials for Well Cementing, 23rd edition. 2002. Washington, DC: API.

Rahmanto, Arif Eka. 2011. Study Pengaruh Kuat Tekan Semen Pemboran Class –G Dengan Pemakaian Additive Cfr-2 Dan Lignosulfat Terhadap Variasi Waktu Dan Temperatur. Jakarta: Universitas Trisakti.

Reza, Muhammad. 2015. Pengaruh Penambahan Accelerator “Cacl2”, “Nacl”, Dan “Nano3” Sebagai Additive Semen Kelas B Terhadap Thickening Time, Compressive Strength, Dan Rheology Bubur Semen Dengan Variasi Temperatur (Bhct). Jakarta : Universitas Trisakti.

Rubiandini, Rudi. 2012. Teknik Operasi Pemboran. Volume 1, ITB: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/petro.v8i3.5510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PETRO:Jurnal Ilmiah Teknik Perminyakan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of PETRO (1907-0438 (Print) 2614-7297 (Online)). Powered by OJS

Abstracted/Indexed by:

 

 

 

Published by Universitas Trisakti:

http://trisakti.ac.id/

Prodi Teknik Perminyakan

Gedung D Lantai 4

Kampus A Universitas Trisakti

Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol

Jakarta Barat 11440



 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.