PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP TINDAK PIDANA KORUPSI

Chindy Flawdia Putri, Harti Budi Yanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tindak pidana korupsi yang berada di swasta dan pemerintahan dengan menggunakan dimensi fraud triangle yang terdiri dari tekanan, kesempatan, rasionalisasi. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling, dimana purposive sampling adalah pemilihan sampel yang dilakukan secara tidak acak sehingga nanti nya hanya sampel-sampel yang diperlukan yang dapat di uji, sedangkan convenience sampling yaitu pengambilan sampel yang mudah dengan pendekatan kualitatif yang hasil akhirnya di kuantitatifkan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Fraud Triangle , variable dependen adalah tindak pidana korupsi dan variable moderasi adalah pencegahan fraud . Data diperoleh melalui metode kuesioner dengan skala likert. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari tigavariabel fraud Trianglevariabel tekanan, kesempatan dan rasionalisasi semua berpengaruh terhadap tindak pidana korupsi .


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Albrecth, W.S., Albrecth, C.O., Albrecth, C,C., &Zimbelman, M.F. 2012. Fraud Examination (Fourth edition). OH, USA: South Western Cengage Learning.

Arens. 2008. Auditing and Assurance Services. Diterjemahkan oleh Herman Wibowo. Jakarta : Erlangga.

Komisi Pemberantasan Korupsi, 2006, Memahami Untuk Membasmi; Buku Saku Untuk Memahami Tindak Pidana Korupsi, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi.

Skousen, C.J., Smith, K.R, & Wright, C.J. 2008. Detecting and Predicting Financial Statement Fraud: the Effectiveness of the Fraud Triangle and SAS No.99 Journal of Corporate Governance and Firm Performances, Vol 13, h. 53-81 available at http://ssrn.com/abstract=1295494

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif kulitatiF dan R&D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.