PENGARUH DEBT DEFAULT TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN DENGAN REPUTASI AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Herlia Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh debt default terhadap opini audit going concern dengan reputasi audit sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah studi empiris. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2018. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 80 perusahaan. Data diuji dengan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil dari penelitian ini mengungkap debt default memengaruhi secara positif dan signifikan pada opini audit going concern. Reputasi audit tidak memengaruhi secara signifikan pada pemberian opini audit going concern dan reputasi audit juga tidak memperkuat pengaruh debt default pada pemberian opini audit going concern.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Andhita, Maria Eka. 2015. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Likuiditas, dan Penundaan Pembayaran Dividen Terhadap Opini Audit Going Concern. Skripsi. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Barton, Jan. 2005. Who Cares About Auditor Reputation?. Contemporary Accounting Research. 22 (3), pp: 549-586.

Fanny, Margaretta dan Saputra, Sylvia. 2005. Opini Audit Going concern: Kajian Berdasarkan Model Prediksi Kebangkrutan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (Studi pada Emiten Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo: 15-16 September Davis, L, Mohay, H & Edwards, H 2003, ‘Mothers’ involvement in caring for their premature infants: an historical overview’, Journal of Advanced Nursing, vol. 42, no. 6, hl. 578–86.

Januarti, Indira. 2009. Analisis Pengaruh Faktor Perusahaan, Kualitas Auditor, Kepemilikan Perusahaan terhadap Penerimaan Opini Audit Going concern (Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang: 4-6 November.

Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 2016-2018. http://idx.co.id. Diunduh tanggal 15 Januari 2020.

Prastiwi, A. dan Frenawidayuarti. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pergantian Auditor: Studi Empiris Perusahaan Publik Di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi. 1(1), pp: 62-75

Rahayu, Santi. 2012. Moderasi Reputasi Auditor terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Auditor Switching pada Perusahaan Industri Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2006-2010. Tesis Magister Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.