ANALISIS PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN TEORI FRAUD PENTAGON DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Silvia Primadani Nilzam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengalaman auditor, independensi, pendidikan berkelanjutan, dan tekanan waktu kerja terhadap pendeteksian kecurangan oleh auditor eskternal serta untuk mengetahui apakah skeptisme profesional memoderasi pengaruh pengalaman auditor, independensi, pendidikan berkelanjutan, dan tekanan waktu kerja terhadap pendeteksian kecurangan. Sampel penelitian yang diteliti adalah 150 responden yang merupakan auditor eksternal yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Jabodetabek. Metode statistik yang digunakan regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi, data diproses menggunakan SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman auditor, independensi, pendidikan berkelanjutan, dan skeptisisme professional berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Tekanan waktu kerja berpengaruh negatif terhadap.kemampuan auditor. Skeptisisme professional dapat memperkuat pengaruh independensi dan tekanan waktu kerja terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Sedangkan skeptisisme professional tidak dapat memperkuat pengaruh pengalaman auditor, pendidikan berkelanjutan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 123| PDF views : 0

References


Agusputri, Hanifah dan Sofie. (2019). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Fraudulent Financial Reporting dengan Menggunakan Analisis Fraud Pentagon. Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi dan keuangan Publik. Vol 14 No. 2 Juli 2019 : 105-124.

Fitrianingsih, Sri Wahyuni. 2018. Analisis Fraud Pentagon dalam Mendeteksi Fraudulent Financial Reporting dengan Komite Audit sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017).

Lindasari, Venny. 2019. Deteksi Kecurangan Laporan Keuangan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating menggunakan Pentagon Analisis. Seminar Nasional Cendekiawan ke 5 Tahun 2019.

Saputra, M. Aditya Rizki dan Nunik Dewi Kesumaningrum. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fraudulent Financial Reporting dengan Perspektif Fraud Pentagon Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 22. No. 2, Juli 2017.

Septriani, Y., dan Handayani, D. 2018. Mendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan dengan Analisis fraud Pentagon. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Bisnis, 11 (1), 11-23. Retrieved from http://jurnal.pcr.ac.id.

Sihombing, Kennedy Samuel dan Nur Shiddiq Raharjo. 2014. Analisis Fraud Diamond dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud: Studi Emporos pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012. Diponegoro Journal of Accounting Vol. 03 No. 02. ISSN (Online): 2337-3806.

Skousen, C. J., Smith, K. R, and Wright, C. J. 2009. Detecting and Predicting Financial Statement Fraud: the Effectiveness of the Fraud Triangle and SAS No. 99. Corporate Governance and Firm Performance Journal. Vol 13 (1): 53-81.

https://www.edusaham.com

https://www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.