ANALISIS ASPEK TEKNIS OPERASIONAL PENGELOLAAN SAMPAH DI KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR, KABUPATEN KARAWANG

Annisa Fitriani, Pramiati Purwaningrum, Dwi Indrawati

Abstract


Kecamatan Telukjambe Timur memiliki jumlah penduduk sebesar 113065 jiwa, dengan sistem pengelolaan sampah yang belum memadai dan masih banyak masyarakat yang memilih membuang sampah dipinggir jalan ataupun di bantaran sungai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sumber, komposisi dan laju timbulan sampah, serta untuk mengevaluasi kondisi eksisting aspek teknis pengelolaan sampah. Data timbulan sampah diperoleh dengan menggunakan metode SNI 19-3964-1994 mengenai Metode Pengambilan dan Pengukuran Contoh Timbulan dan Komposisi. Selain itu melakukan observasi secara langsung, wawancara kepada masyarakat dan studi literatur untuk mendapatkan kondisi eksisting pengelolaan sampah di Kecamatan Telukjambe Timur. Hasil penelitian diketahui laju timbulan sampah sesabar 2,25(l/o/h) terdapat 2 pola  pengumpulan dan pengangkutan sampah yang diterapkan 1) pola individual langsung, sampah dari sumber langsung dikumpulkan dan diangkut menuju Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dengan alat angkut berupa dumptruck berkapasitas 6 m3, 2) pola individual tidak langsung, sampah dari sumber dikumpulan menggunakan gerobak sampah berkapasitas 1 m3 dan 2 m3 ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) untuk selanjutnya dipindahkan ke alat angkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Laju Timbulan Sampah Kecamatan Telukjambe Timur sebesar 2,25 (l/orang/hari) dengan komposisi sampah organik 59,86% dan sampah non organik 40,14%. Terdapat 2 jenis pewadahan yaitu 1) Pewadahan Individual, disediakan secara mandiri oleh masyarakat di masing-masing rumah, untuk daerah pemukiman teratur dengan wadah seperti bin & bak beton, 2) Pewadahan Komunal, tempat penampungan sementara yang digunakan secara bersama-sama yang terdapat pada daerah pemukiman tak teratur dengan wadah bak container kapasitas 6 m3.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 72| PDF views : 0

References


Anonim. 1994, Metode Pengambilan dan Pengukuran contoh Timbulan dan Komposisi Sampah Perkotaan. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Anonim. 2002, Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Damanhuri, E. 1995, Diktat kuliah TL-453; Teknik Pembuangan Akhir. Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Bandung. Bandung: Edisi semester I 1995/1996.

Tchobanoglus, George et. al. 1993, Integrated Solid Waste Management: Engineering Principles and Management Issues. McGraw-Hill, Inc. New York.

Undang-undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.