ANALISIS MANFAAT LITERASI INFORMASI UNTUK MENGEMBANGKAN METODE PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Muhammad Faizal, Maskarto Lucky Nara Rosmadi

Abstract


Pemanfaatan literasi informasi bagi pengembangan metode pembelajaran di
perguruan tinggi mutlak diperlukan demi menghasilkan sarjana yang
memiliki kualitas dan daya saing di era globalisasi. Dosen harus dapat
berinovasi dalam menciptakan metode pembelajaran yang sesuai dengan
perkembangan i;mu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui manfaat literasi informasi bagi dosen untuk mengembangkan
metode pembelajaran di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan
adalah dengan mengunakan pendekatan kuantitatif yang kemudian diolah
dengan menggunakan software SPSS versi 23,00. Dari hasil penelitian yang
dilakukan terhadap 28orang dosenSekolah Tinggi Ilu Ekonomi Kridatama
Bandung yang keseluruhannya dijadikan responden diketahui bahwa secara
umum dosen memiliki kompetensi yang memadai untuk mengembangkan
metode pembelajaran. Berdasarkan hasil olah statistik faktor kompetensi
karyawan memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengembangkan
metode pembelajaran dengan memberikan kontribusi sebesar 23,40%. Namun
demikian kemampuan dosen dalam penguasaan teknologi infomasi harus
ditingkatkan baik melalui workshop maupun pelatihan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 458| PDF views : 0

References


Deleo PA, Eichenholtz S, Sosin AA, 2009.Bridging the Information Literacy with Clickers,

Journal of Academic Librarianship, Vol. 35 No. 3, 438-444.

Elis Mediawati, 2010, Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen

Terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. V No.

, 134-146.

Jaja Suteja, 2017, Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi

KKNI di Perguruan Tinggi (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke arah Student

Centered Learning), Jurnal Edueksos, Vol. VI No. 1, 81-100.

Long, C. S., Ibrahim, Z., & Kowang, T. O, 2013, An Analysis on the Relationship between

Lecturers Competencies and Students Satisfaction,International Education Studies, Vol. 7

No. 1, 37-46.

Moh. Sutomo, 2012, E-Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Dalam Upaya

Meningkatkan Mutu di Perguruan Tinggi, Jurnal Falasifa, Vol 3 No. 1, 149-159.

Mukhlison Effendi, 2016, Integrasi Pembelajaran Active Learning Dan Internet-

BasedLearningDalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Belajar,NadwaVol. 7 No.

,

doi:10.21580/nw.2013.7.2.563.

Ninies Eryadini, 2014, Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran di

STKIP PGRI Lamongan, Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 1 No. 1, 50-55.

Techataweewan, W, Worotpanya, K, Sanrach, C, 2009, The Integration of Information

Literacy into Web-based Tutorial with Librarian-Fakulty Partnership, Asia Pacific

Conference on Library and Information Education & Practise, 373-379.

Jaja Suteja, 2017, Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi

KKNI di Perguruan Tinggi (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke arah Student

Centered Learning), Jurnal Edueksos, Vol. VI No. 1, 81-100.

Intan Mutia dan Leonard, 2013, Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran

di Perguruan Tinggi, Jurnal Faktor Exacta, Vol. 6 No. 4, 278-289.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.