Perbandingan Faktor yang Memengaruhi Keputusan Investor Muda dalam Berinvestasi Konvensional atau Syariah di Kota Makassar

Rahmawati Muin, Abdurrahman Mansyur, Murtiadi Awaluddin, Muhammad Akil Rahman

Abstract


Tujuan- Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi factor inheren pembentuk beragam keputusan investasi dalam pemilihan saham berbasis konvensional atau Syariah.

Desain/Metodologi/Pendekatan- Dengan menggunakan metode kuantitatif, artikel ini menggunakan metode confirmatory factor analysis (CFA) pada dua kelompok sampel pemuda yaitu 56 orang pemilih saham konvensional, dan 54 saham Syariah.

Hasil Penelitian- Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi investor muda saham konvensional adalah Setup Value, diikuti oleh Return Attractiveness, dan Added Value, sedangkan untuk investor saham syariah dipengaruhi oleh faktor Spirituality, diikuti oleh Setup Value, Sharia Attractiveness, dan Return Attractiveness. Implikasi dari penelitian ini adalah faktor Spirituality dan Sharia Attractiveness sebagai faktor pembeda antara investor saham konvensional dan syariah dalam memutuskan untuk berinvestasi.

Keterbaruan/Nilai- Penelitian ini menginvestigasi respon dari para investor muda, dan menjadi factor unik karena jumlah mereka, khususnya mahasiswa/i relatif kecil. Penelitian ini juga mengungkap proses pembentukan respon pemilihan saham baik konvensional maupun islami dalam kelompok investasi tertentu.

Keywords


Keputusan Investasi, Saham Konvensional, Saham Syariah, dan Investor Muda

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Betermier, S., Calvet, L. E., & Sodini, P. (2017). Who Are the Value and Growth Investors? Journal of Finance. https://doi.org/10.1111/jofi.12473

Ghorbel, A., Abdelhedi, M., & Boujelbene, Y. (2014). Assessing the Impact of Crude Oil Price and Investor Sentiment on Islamic Indices: Subprime Crisis. Journal of African Business. https://doi.org/10.1080/15228916.2014.881222

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Herdiansah, A. G., Putri, D. A., Ashari, L., & Maduratmi, R. (2017). The Islam Defence Action: A Challenge of Islamic Movement to Democratic Transition in the Post 2014 Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 57–67.

Lim, M. (2017). Freedom to hate: social media, algorithmic enclaves, and the rise of tribal nationalism in Indonesia. Critical Asian Studies. https://doi.org/10.1080/14672715.2017.1341188

Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Anlisis Data Sekunder. Edisi Revis I2.

Novianty, C., & Widyaastuti, M. C. (2019). Pengaruh Moderasi Kepribadian (Big Five Personality) Terhadap Hubungan Akuisisi Informasi dan Perilaku Perdagangan Saham Pada Investor Muda di Indonesia. Media Riset Bisnis & Manajemen. https://doi.org/10.25105/mrbm.v19i2.5353

Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Locus of Control dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi. https://doi.org/10.24252/minds.v6i1.9274

Ramadhan, A. Y., & Asandimitra, N. (2019). DETERMINANTS OF FINANCIAL MANAGEMENT. 6(2), 129–144. https://doi.org/10.24252/minds.v6i2.9506

Said, S., Muhammad, A., Amiruddin, A., Asad, A., Rustan, C., & Sofyan, A. S. (2019). MANAGING WITH SHARIA : STRENGTHENING SHARIA BANKING SPIRITUAL LITERATION. 6(2), 161–180. https://doi.org/10.24252/minds.v6i2.10297

Uchida, K. (2016). The characteristics of online investors. In Behavioral Economics of Preferences, Choices, and Happiness. https://doi.org/10.1007/978-4-431-55402-8_25

Volpe, R. P., Kotel, J. E., & Chen, H. (2002). A survey of investment literacy among online investors. Journal of Financial Counseling and Planning




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/mrbm.v20i1.6215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Riset Bisnis & Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.