PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN STRATEGI PROFESI AKUNTAN PUBLIK DALAM MENGHADAPI SCRIPLESS TRADING PASAR MODAL DALAM KAITANNYA PENCIPTAAN GOOD GOVERNANCE

Aida Ainul Mardiyah, Sekar Mayangsari

Abstract


Mikel id membahas tentang perubahan transaksi yang terjaal pada bursa efek yang dkaitkan dengan good corporate governance. Prinsip good corporate governance mulai merebak sejak teijadinya krisis pada pertengahan 1997. Beberapa peraturan juga telah dikeluarkan oleh pemegang otoritas pasar modal berkenaan dengan prinsip id.

Disisi lain sistem perdagangan bursa juga mulai bergeser dengan mulai diperkenankannya perdagangan tanpa menggunakan warkat, yang kemudian dikenal dengan istilah scripless trading. Sistem id diharapkan dapat meningkatkan kinerja bursa serta merupakan bentuk kompromi terhadap perkembangan tehnologi yang dapat mengurangi kendala-kendala waktu dan ruang.

Akhimya, artikel ini menunjukkan bahwa perkembangan fenomena yang ada id hendaknya ditangkap dengan baik oleh profesi akuntan publik yang berfungsi sebagai pihak ekstemal yang independen dan menyandang kepercayaan dari masyarakat. Pada akhimya akuntan harus selalu meningkatkan kemampuannya agar profesi id selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai profesi yang kredibel, bukan sebaliknya.

Kata Kunci : Good Corporate Governance, Scripless Trading, Akuntan publik.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0


DOI: http://dx.doi.org/10.25105/mraai.v2i1.1770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Creative Commons License

Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.