PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA ANAK

Yorifky Julio Alfares, Wegig Murwonugroho

Abstract


Augmented Reality (AR) merupakan media audio visual yang berbentuk konten dapat berupa 2 dimensi atau 3 dimensi yang di tempatkan pada media berupa fisik dimana media di tempatkan. Media adalah sebuah alat yang berguna sebagai alat untuk menghubungkan pengirim dan penerima pesan. Sedangkan, media pembelajaran adalah sebuah fasilitas yang menjembatani tenaga pengajar dan peserta didik dalam suatu kegiatan belajar mengajar yang berguna untuk memberikan suatu ilmu pengetahuan, dan proses ini disebut dengan proses komunikasi dua arah. Media harus dilibatkan dalam proses ini. Dengan adanya AR peserta didik diharapkan dapat berpikir lebih dalam terhadap informasi yang diterima. Implementasi kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan alat berupa AR mampu memberikan manfaat langsung dalam proses pembelajaran. Sejumlah alat AR dirancang untuk memberikan informasi yang lebih spesifik pada pengguna dari objek secara konkret. Fungsi dari AR adalah untuk menvisualisasikan gambaran yang abstrak dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih terperinci dan menggambarkan struktur dari sebuah model objek yang spesifik.

Keywords


Augmented Reality; Media pembelajaran; Pemanfaatan media

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Atmajaya, D., 2017, Implementation of Augmented Reality as Interactive Learning Tool, Jurnal Ilmiah ILKOM, vol 9, no 2, 2017, hal 227-232, Makassar

Cikita, A., & Murwonugroho, W. (2018). Analysis of Novelty of Symmetrical Composition on Visual Dynamic Film “FANTASTIC MR. FOX. Seminar Nasional Cendikiawan Ke 4, Buku 2, 873–878.

Kalbuadi, G. A., Sunarya, Y. Y., & Murwonugroho, W. (2018). Study of Attractiveness of Cultural Promotion in Visually Attractive Elements of Bandung Tourism Website. Jurnal Seni & Reka Rancang, 1(1), 19–36.

Mahendra, Ida Bagus Made. (2016). Implementation of AR by Utilizing 3D Unity and Vuporia Sdk. Diambil dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/26341.

Murwonugroho, W. (2019). Mediating Role of social media in the Memorability of Street Sculpture Art: Jogja Street Sculpture Project 2017 as Case Study. Wacana Seni Journal of Arts Discourse, 18, 95–124.

Murwonugroho, W., & Ardianto, D. T. (2019). Visual Fantasy In Children‘s Learning Through Virtual & Augmented Reality. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(12).

Murwonugroho, W., & Tyasrinestu, F. (2019). Visual Playability in Jogja Video Mapping. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 3695–3700.

Murwonugroho, W., & Yudarwati, G. A. (2020). Exposure to Unconventional Outdoor Media Advertising.Pertanika J. Soc. & Hum, 28(4), 3407–3424.

Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Science Learning Media for Grade 3 Elementary School Using Android-Based Augmented Reality Technology. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4-6.

Raharja, T.M. (2013). Analysis of the Application of Augmented Reality in the Design of a Housing Design Catalog System CV. Raft Origin. Jurnal Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara.

Rifa, M. (2014). Application of Augmented Reality Technology in Android-Based Home Catalog Applications. Jurnal Teknik Informatika Universitas Muria Kudus. Vol. 1(1).

Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, E. F. N. (2016). Implementation of Augmented Reality (AR) on the Development of Shape and Building Learning Media for Elementary School Students. INFOTECH journal, 1(2).

Yudiantika, A, R. Pasinggi, E, S. Sari, I, P. Hantono, B, S. 2013. Augmented Reality Implementation in Museums: A Preliminary Study of Educational Application Design for Museum Visitors. Proceeding of KNASTIK.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v6i2.9526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yorifky Julio Alfares, Wegig Murwonugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Penelitian dan Karya Ilmiah (p-ISSN 0853-7720 e-ISSN 2541-4275). Powered by OJS

Abstracted/Indexed by:

Garuda 

 

 

Published by Lembaga Penelitian- Universitas Trisakti

 

>This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..