PENTINGNYA KESESUAIAN VISUAL KARAKTER TOKOH DALAM FILM ANIMASI “MY LITTLE PONY: THE MOVIE”

Fachrina Adzani, Wegig Murwonugroho

Abstract


Film merupakan salah satu media yang menyediakan hiburan dalam bentuk elekktronik berupa audio visual, yang dapat menampilkan bunyi, kata-kata dan gambar. Film juga adalah sebuah medium untuk berkomunikasi yang dapat memberikan dampak kepada penontonnya. Film pada masa sekarang banyak berkembang dikarenakan teknologi yang semakin maju yang membuat dunia perfilman semakin maju dengan pesat. Film animasi “My little Pony: The Movie” adalah film animasi musikal yang diadaptasikan dari serial televisi animasi animasi My Little Pony yang diciptakan oleh Lauren Fraust. Film animasi “My Little Pony: The Movie” merupakan film yang disukai oleh anak-anak dan remaja karena menggunakan visual yang menarik dengan warna-warna yang disukai oleh anak-anak pada umumnya. Film ini mempunyai 6 karakter tokoh utama yaitu Twilight Sparkle, Pinkie Pie, Rainbow Dash, Rarity, Fluttershy dan Applejack, 6 karakter tokoh utama tersebut memiliki karakter dengan sifat-sifat yang berbeda satu sama lain. Film animasi My Little Pony menceritakan dunia fantasi tentang pertemanan 6 (enam karakter Tokoh). Tujuan penelitian adalah mencari konsep dibalik karakter visual setiap tokoh. Terlihat adanya masalah dimana visualiasi tidak identik dengan karakter yang diperankan. Metode penelitian yang digunakan semiotika F Sausure: sign = penanda & petanda.  Di dalam pembahasan objek terlihat tersturktur dalam beberapa pemvisualisasian yaitu: wajah, warna, bentuk mata, ekor dan pakaian. Tiap visualisasi memiliki makna sesuai dengan mitos fantasi. Diketemukan di dalam penelitian ini bahwa kesesuaian tokoh dengan karakter dikontruksi oleh ekspresi wajah, gerak kaki, sorotan mata, warna dan gaya berpakaian. Dari penelitian disimpulkan bahwa kesesuaian dalam pemvisualisasian menciptkan karakter yang membedakan antara tokoh satu dengan yang lainnya.

Keywords


Visual; Karakter; Film Animasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Bell, Christopher (2013). The ballad of Derpy Hooves - Transgressive Fandom in My Little Pony: Friendship is Magic, Social Sciences Directory Limited, Switzerland.

Cavalier, Stephen (2011), The World History of Animation, University of California Press, California.

Cikita, A., & Murwonugroho, W. (2018). ANALISIS KEBARUAN KOMPOSISI SIMETRIK PADA KEDINAMISAN VISUAL FILM “ FANTASTIC MR . FOX .” Seminar Nasional Cendikiawan Ke 4, Buku 2, 873–878.

Kalbuadi, G. A., Sunarya, Y. Y., & Murwonugroho, W. (2018). KAJIAN ATTRACTIVENESS PROMOSI BUDAYA DALAM UNSUR VISUAL ATRAKTIF WEBSITE PARIWISATA BANDUNG. Jurnal Seni & Reka Rancang, 1(1), 19–36.

Murwonugroho, W. (2019). Mediating Role of Social Media in the Memorability of Street Sculpture Art : Jogja Street Sculpture Project 2017 as Case Study. Wacana Seni Journal of Arts Discourse, 18, 95–124.

Murwonugroho, W., & Ardianto, D. T. (2019). Visual Fantasy In Children ‘ s Learning Through Virtual & Augmented Reality. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(12).

Murwonugroho, W., & Tyasrinestu, F. (2019). Visual Playability In Jogja Video Mapping. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 3695–3700.

Murwonugroho, W., & Yudarwati, G. A. (2020). Exposure to Unconventional Outdoor Media Advertising. Pertanika J. Soc. & Hum, 28(4), 3407–3424.

Mudjiono, Yoyon (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Universitas Islam Negeri Surabaya, Surabaya.

Octaverina, Claudia (2018). Developing Karakter Animasi Berbasis Kudapan Khas Tionghoa. Binus University, Jakarta.

Prakosa, Gatot (2010). Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Yayasan Visual Indonesia (Nalar), Jakarta.

Sarita, Yurika (2013). Definisi karakter pada film animasi. Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Tinarbuko, Sumbo (2003). Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Utami, Dina (2011). Animasi Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Wells, P. (2002). Animation: Genre and Authorship. In Short Cuts Series: Introduction to Film Studies.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v6i1.8630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fachrina Adzani, Wegig Murwonugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Penelitian dan Karya Ilmiah (p-ISSN 0853-7720 e-ISSN 2541-4275). Powered by OJS

Abstracted/Indexed by:

Garuda 

 

 

Published by Lembaga Penelitian- Universitas Trisakti

 

>This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..