KOMPOSIT SANDWICH HYBRID KOMBINASI SERAT TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN SERAT KACA DENGAN MATRIX POLYURETHANE

Moch. Razan Dwi A, Djoko W. Karmiadji, Eko Prasetyo

Abstract


Komposit Sandwich Hybrid kombinasi antara serat tandan kosong kelapa sawit dan serat kaca dengan matrix polyurethane adalah sebuah trobosan baru sebagai bahan pengganti yang mampu menyerap suara dan penyerap panas dengan ramah lingkungan. Kemampuan penyerapan suara dan penyerapan panas sangat di perhitungkan. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil dari pengaruh penambahan fraksi serat pada penyerapan suara dan penyerapan panas. Metode pegujian mengacu pada standar ASTM C177-13. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui nila koefisien perpindahan panas secata konduksi, dengan cara mengetahui seberapa besar konduktivitas thermal dari suatu material. ASTM C 177-13 merupakan metode yang pengujiannya menetapkan syarat desain yang diperlukan dalam membuat dan mengoperasikan guarded hot-plate Pada penyerapan panas penambahan fraksi membuat menurunnya nilai Konduktifitas thermal karena bertambah padatnya strukur pada inti atau core yang diisi dengan serat tandan kosong kelapa sawit. Nilai Konduktifitas yang baik terdapat pada fraksi 20% dikarenakan jumlah serat yang sedikit maka mampu terjadinya perpindahan panas. Perbandingan dari penelitian yang sudah pernah dilakukan menghasilkan nilai koefisien konduktifitas termal pada penelitian ini lebih besar dikarenakan bertambahnya nilai fraksi yang digunakan atau semakin banyak serat yang digunakan semakin rapat dan mempersulit penyebaran suhu.  Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada komposit sandwich hybrid serat tandan kosong kelapa sawit dan serat kaca dengan matrix polyurethane ini akan semakin menurun konduktivitasnya jika penambahan serat tandan kosong kelapa sawit.


Keywords


Tandan Kosong Kelapa Sawit, Penyerapan Panas, Konduktivitas Termal Polyurethane

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Adnan, I. S., Utoyo, B. & Kusumastuti, A., Pengaruh Pupuk NPK dan Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Main Nursery. Jurnal Agro Industri Perkebunan, 3(2), 2015, pp. 69-81.

M, M. B., RESPON POLYMERIC FOAM YANG DIPERKUAT SERAT TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) AKIBAT BEBAN TEKAN STATIK DAN IMPAK (SIMULASI NUMERIK). Jurnal Dinamis, 1(7), 2010, pp. 45-60.

Rahmasita, M. E., Farid, M. & Ardyananta, H., Analisa Morfologi Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit Sebagai Bahan Penguat Komposit Absorpsi Suara. Jurnal Teknik ITS, 6(2), 2017, pp. 594-588.

Simatupang, H., Nata, A. & Herlina, N., Studi Isolasi Dan Rendemen Lignin Dari Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS). Jurnal Teknik Kimia USU, 1(1), 2012,pp. 20-24.

Zafar, F. & Sharmin, E., Polyurethane. 1 ed. Rijeka: InTech.,2012.

Zulhanif, Investigasi Sifat Mekanik Material Komposit Yang Terbuat Dari Pemanfaatan Limbah Batubara Dengan Matrik Resin Poliester Tak Jenuh. Jurnal Mechanical , 1(1), 2010,pp. 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v5i2.7360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS TRISAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Penelitian dan Karya Ilmiah (p-ISSN 0853-7720 e-ISSN 2541-4275). Powered by OJS

Abstracted/Indexed by:

Garuda 

 

 

Published by Lembaga Penelitian- Universitas Trisakti

 

>This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..