PENINGKATAN DAYA DAN TORSI DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE “BITEDIT” DI MESIN I-VTEC TYPE HONDA JAZZ

Fikri Fauzan Ramadhan, I. Gede Eka Lesmana

Abstract


Mesin yang berbasis Electronic Fuel Injection (EFI) banyak digunakan karena menghasilkan performa yang tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang sedikit dan gas emisi buang rendah. Namun ketika kendaraan berbasis EFI sudah digunakan lebih dari 5 tahun biasanya akan mengalami penurunan kinerja motor bersin yang berpengaruh pada performa ataupun kecepatan kendaraan tersebut. Oleh karena itu harus dilakukan servis tuninguntuk meningkatkan kinerja motor pembakaran dalam dengan cara menyetting (Engine Control Unit) ECU dari mobil tersebut agar menormalkan atau memperbaiki daya yang dihasilkan. Penelitian ini melakukan program remapping ECU dengan menggunakan software BitEdit yang diaplikasikan pada mesin I-VTECtype honda jazz. Berdasarkan data penelitian, setelah dilakukan remapping pada spesifikasi dasar terdapat peningkatan jarak tempuh kendaraan, efisiensi kendaraan, daya, dan torsi. Hasil pengujian daya juga menunjukkan peningkatan setelah dilakukan remapping yaitu dengan selisih daya terbesar mencapai 10.21 kW. Selain itu hasil pengujian torsi menunjukkan terdapat peningkatan torsi yaitu rata-rata sebesar 5.7 N.m.


Keywords


Daya; Engine Control Unit; Electronic Fuel Injection; Remapping; Torsi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Cappenberg, Audri D. 2014. “Studi Tentang Berbagai Tipe Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Mobil Toyota Xxx.” Konversi Energi Dan Manufaktur 3: 157–64.

Gibson, Inventors Alex. 2007. Patent Application Engine Control Unit Publication. United States Paten No.US20070118269A1, issued 2007.

Hidayat, Gunawan, and Adi Winarno. 2015. “Modifikasi Mesin Honda Jazz VTEC GE8 Untuk Kompetisi Balap One Make Race (OMR).” In Seminar Nasional Teknologi Jakarta.

Mintoro, Sigit. 2017. “Optimasi Kinerja ECU ( Electronic Control Unit ) Melalui Pemrograman Remapping Pada Mesin EFI.” In SEMNAS IIB DARMAJAYA Kotabumi. Kotabumi.

Paridawati. 2014. “Optimasi Efisiensi Motor Bakar Sistem Injeksi Menggunakan Metode Simulasi Artificial Neural Network.” In SNATIF Semarang.

Rosid. 2016. “Analisa Proses Pembakaran Pada Motor Bensin 113.5 Cc Dengan Simulasi Ansys.” TeknologiM 8 (2): 89. https://doi.org/10.24853/jurtek.8.2.89-93.

Rosyidin, A L I. 2015. “Efisiensi Jarak Tempuh Toyota Veloz 1500 CC Tahun 2015 - Sekarang Menggunakan Gasoline Type A , B , C Oktan 92.”

Winarno, Joko. 2011. “Studi Eksperimental Pengaruh Penambahan Bioetanol Pada Bahan Bakar Pertamax Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin.” TeknikM 1 (1): 33–39.

Yunianto, Bambang. 2012. “Pengaruh Perubahan Saat Penyalaan (Ignition Timing) Terhadap Prestasi Mesin Pada Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Bahan Bakar Lpg.” Kapal 7 (2): 1–4. https://doi.org/10.14710/kpl.v7i2.3771.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/pdk.v5i2.7357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN DAN KARYA ILMIAH LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS TRISAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Penelitian dan Karya Ilmiah (p-ISSN 0853-7720 e-ISSN 2541-4275). Powered by OJS

Abstracted/Indexed by:

Garuda 

 

 

Published by Lembaga Penelitian- Universitas Trisakti

 

>This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Penelitian dan Karya Ilmiah, Lembaga Penelitian, Universitas Trisakti University @2017. All right reserved..