Pengaruh Kinetika Visual untuk Penataan Lanskap Jalan Tol Bagi Pengguna (The Influence of Visual Kinetics to Landscape Arrangement of Toll Road for Users)

Imam Khanafi Gandara, R. L. Pangaribowo, Ida Bagus Rabindra

Abstract


Tujuan dari penelitian difokuskan pada mengoptimalkan penataan lanskap dan visual sepanjang ruas jalan tol Cijago seksi II untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jalan tol yang kemudian akan dijadikan acuan dalam rancangan pengembangan lanskap jalan tol pada ruas tol Cijago (Jalan Tol Ruas Cinere – Jagorawi Seksi II dan III Sta. 16+700 – 20+200 di Cinere – Cisalak, Depok - Jawa Barat.). Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian dari sistem jaringan jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar tol dan memiliki peran dalam perkembangan suatu daerah. Di samping itu, jalan tol merupakan jalan bebas hambatan dan jalan nasional yang dapat menunjang peningkatan pertumbuhan perekonomian. Dalam pembangunan sebuah jalan tol, pendekatan pada lanskap sepanjang koridor jalan tol menjadi aspek penting bagi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Jalan tol memiliki perpaduan karakteristik dataran tinggi dan dataran rendah, sehingga terdapat keberagaman ketinggian lahan, kemiringan lereng sisi jalan, dan vegetasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Analisis data menghasilkan pertimbanganpertimbangan rancangan (problem statement) dari potensi dan kendala yang di analisis, kemudian dikembangkan melalui perancangan lanskap yang sesuai dengan tujuan penelitian. Ruas jalan tol Cijago belum memiliki rencana pengembangan lanskap jalan tol yang mengarah pada keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, serta terdapatnya potensi visual yang dapat dikembangkan di sepanjang ruas jalan tol. Hal-hal ini yang menyebabkan pentingnya penataan lanskap ruas tol Cijago dengan memanfaatkan dan
mengoptimalkan potensi-potensi visual yang ada.
Kata kunci: jalan tol, lanskap, lanskap jalan tol, visual

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 244| PDF views : 0

References


Arsitektur Lansekap (internet); 2013 (diakses 23 Mei 2017).

Departemen Pekerjaan Umum. 1996. Tata Cara Perencanaan Teknik Lanskap Jalan. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006. Jakarta

Eckbo G. 1964. Urban Landscape Design. New York: McGraw-Hill Book Co.248 p.

Harris CW and Dines NT. 1988. Time-Saver Standards for Landscape Architecture: Design and Construction Data. New York: McGraw-Hill Book Co. 960 p. Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jakarta: Dirjen Bina Marga. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Pengertian Peningkatan Menurut Para Ahli (internet); 2013 (diakses 23 Mei 2017).

Prayitno. 2010. Keterkaitan Kemiringan Cetakan, Kecepatan Pertumbuhan Dendrite dan Ukuran Butir Pada Logam Aluminium Silikon. Jurnal Teknik Mesin 7(3):25-32

Simonds, JO. 1983. Landscape Architecture. New York: McGraw-Hill Book Co.331 p.

Simond, JO. Starke, Barry W. 2006. Landscape Architecture. McGraw-Hill Professional. Chapter 13 : Circulation, page 213-247




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/psnkb.v1i1.2886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment

 

Visitors