Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Kearifan Lokal & Pemberdayaan Masyarakat?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

SUBMISSION PREPARATION (PERSIAPAN PENGAJUAN)

 

Sebagai bagian dari proses pengajuan naskah untuk dipublikasikan, penulis diwajibkan untuk memeriksa kepatuhan pengajuan sesuai ketentuan berikut. Naskah yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan diproses lebih lanjut.

  • Naskah yang diajukan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal/prosiding lain.
  • Naskah merupakan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh individu atau kelompok dibawah lembaga atau pusat penelitian dan pengabdian atau institusi resmi lainnya.
  • Naskah bebas dari unsur plagiasi
  • Naskah harus ditulis dengan sistematika yang telah ditentukan
  • Komunikasi selama proses penerbitan mulai pengajuan, peninjauan, dan publikasi dilakukan secara daring (online)

 

Naskah pada Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  memuat bagian – bagian sebagai berikut secara berturut-turut: 1) Judul dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, nama penulis dan afiliasi penulis, 2) Abstrak dan Kata kunci dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris 3) Pendahuluan (Masalah dan Tujuan); 4) Metode/Pendekatan Pemecahan Masalah (khalayak sasaran, Pelaksanaan Kegiatan), 5) Hasil dan Pembahasan (hasil kegiatan, analisis faktor pendukung dan faktor penghambat, evaluasi), 6) Simpulan 7) Ucapan terimakasih jika ada, 8) Daftar Pustaka

 

BAHASA

Naskah yang diajukan dituliskan dalam Bahasa Indonesia Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

 

NASKAH

Naskah disiapkan dalam format Microsoft Word, kecuali Grafik menggunakan program Microsoft Excel dan Gambar menggunakan format JPEG atau PDF. Naskah ditulis pada kertas berukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin atas 3.5 cm, bawah 2.5 cm, kiri 3.5 cm dan kanan 2.5 cm, menggunakan huruf jenis Cambria ukuran 12, spasi 1,5;  sesudah paragraf 6 pt. Naskah ditulis dam bahasa Indonesia yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sebanyak 8000 kata tidak termasuk Tabel dan Gambar, sedangkan Judul, Abstrak, Kata Kunci dan Daftar Pustaka ditulis dalam Bahasa Inggris.

 

Naskah bersifat Applied Science Paper yaitu naskah yang berisi laporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menitikberatkan pada program keterlibatan masyarakat (community engagement program). Masalah yang dihadapi masyarakat dirumuskan, dianalisis, dilakukan interpretasi antara teori dan program keterlibatan masyarakat, dilengkapi dengan saran dan rekomendasi untuk mengatasi permasalahan.

 

ABSTRAK

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia berisi ringkasan naskah secara singkat namun lengkap dan padat sebanyak 200- 250 kata berisi uraian singkat dari hasil PKM yang terdiri yang meliputi 1) tujuan kegiatan 2) identitas masyarakat yang menjadi target kegiatan, termasuk lokasi kegiatan, 3) metode kegiatan pelayanan dan atau pelibatan masyarakat 4) laporan pelaksanaan kegiatan; 5) simpulan dan hasil kegiatan; 6) evaluasi, saran dan rekomendasi tindak lanjut.

 

KATA KUNCI

Kata kunci terdiri dari 3-5 kata, dapat berupa kata tunggal atau frasa, yang menggambarkan masalah atau isi yang mengidentifikasi konsep paling penting dalam naskah yang diajukan dan tidak diakhiri dengan tanda baca titik. Kata kunci harus mencakup konsep teoritis, metode yang digunakan, wilayah geografis, atau tema pengembangan masyarakat yang umum. Kata kunci dipisahkan dengan titik koma (;)

 

KONTEN NASKAH

Naskah pada Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  memuat bagian-bagian sebagai berikut secara berturut-turut: 1) Judul dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, nama penulis dan afiliasi penulis, 2) Abstrak dan Kata kunci dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris 3) Pendahuluan (Masalah dan Tujuan); 4) Metode/Pendekatan Pemecahan Masalah (khalayak sasaran, Pelaksanaan Kegiatan), 5) Hasil dan Pembahasan (hasil kegiatan, analisis faktor pendukung dan faktor penghambat, evaluasi), 6) Simpulan 7) Ucapan terimakasih jika ada, 8) Daftar Pustaka

 

  1. Sistematika penulisan naskah pengabdian pada masyarakat adalah sebagai berikut :

1)      Judul Pengabdian

2)      Nama Penulis

3)      Asal Instansi Penulis

4)      Nama dan alamat email korespondensi

5)      Abstract (Bahasa Inggris)

6)      Abstrak (Bahasa Indonesia)

7)      Pendahuluan (berisi Masalah dan Tujuan)

8)      Metode/Pendekatan Pemecahan Masalah (khalayak sasaran, Pelaksanaan Kegiatan)

9)      Hasil dan Pembahasan (hasil kegiatan, analisis- faktor pendukung dan faktor penghambat, evaluasi)

10)   Simpulan

11)   Ucapan Terima Kasih (jika ada)

12)   Daftar Pustaka

  1. Judul ditulis dengan huruf besar di setiap awal kata (Capitalize Each Word), tebal (Bold) ukuran font Calibri 14, karakter, format rata kiri (Left).  Judul singkat dan jelas, maksimal 18 kata. Judul menggambarkan hasil pengabdian bukan hasil penelitian.
  2. Nama penulis ditulis tanpa gelar, huruf besar di setiap awal kata (Capitalize Each Word), ukuran font Calibri 11 karakter, format rata kiri (Left). Jika penulis lebih dari satu orang, maka antara penulis satu dengan penulis selanjutnya diberi tanda koma (,). Penulis pertama diberi nomor 1 (superscript) diawal nama, penulis kedua diberi nomor 2 (superscript), dan seterusnya.
  3. Nama instansi diketik dibawah nama penulis dengan format rata kiri (Left), ukuran font Calibri 11 karakter. Instansi pertama diberi nomor 1 (superscript) diawal kalimat, instansi kedua diberi nomor 2 (superscript), dan seterusnya.
  4. Nama dan alamat email korespondensi ditulis di bawah nama instansi dengan format rata kiri (Left), ukuran font 11 karakter,
  5. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Format rata kiri kanan (Justify) dengan ukuran font Calibri 10 karakter. Memuat teknologi/seni/jasa/kebijakan yang akan diterapkan, tujuan pengabdian, metode, dan hasil pelaksanaan kegiatan sebanyak 200 hingga 250 kata. Disertai dengan 3-5 kata kunci.
  6. Naskah utama (Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih) ditulis dengan format rata kiri kanan (Justify) dengan ukuran font Calibri 12 karakter. Semua judul naskah utama ditulis tebal (Bold), huruf besar, terkecuali isi naskah. 
  7. Referensi menggunakan gaya American Political Association (APA Style) dari Manedeley (Lihat APA Style). Contoh dapat dilihat pada Template. Wajib ada. Dirujuk dari naskah naskah yang tercantum.
  • Pendahuluan. Prinsip utama pengabdian adalah memecahkan masalah. Isi Pendahuluan berisi mengenai: (1) Analisis situasi berisi uraikan kondisi khalayak sasaran/mitra kegiatan, persoalan mendasar yang dihadapi mitra yang didukung oleh data yang lengkap dan diusahakan data bersifat kuantitatif. (2) Uraikan program kerja yang dilaksanakan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi khalayak sasaran/mitra. Program pengabdian yang akan dilaksanakan dapat memecahkan masalah khalayak sasaran mengenai persoalan yang dihadapi masyarakat mitra dalam aspek sosial, budaya, religi, kesehatan, atau kehidupan bermasyarakat. (3) Uraikan mengenai kehandalan ipteks/barang/jasa yang ditawarkan untuk menyelesaikan persoalan mitra dan prosedur kerja untuk mendukung realisasi solusi yang ditawarkan dirujuk dari berbagai hasil publikasi yang bersumber dari jurnal ilmiah, laporan PkM, dan sumber ilmiah lainnya, (4) Tujuan dan manfaat kegiatan.
  • Metode PelaksanaanMetode Pelaksanaan menjelaskan pelaksanaan dan metode pengabdian, memuat hal-hal berikut: (1) Tempat dan Waktu (Uraikan lokasi kegiatan dan waktu pelaksanaan. Jika memungkinkan disertai peta atau gambar lokasi lainnya), (2) Khalayak sararan/Mitra Kegiatan (Uraikan latar belakang peserta, banyak peserta dan bagaimana cara menentukannya), (3) Metode Pengabdian meliputi metode dan materi yang disampaikan (uraian mengenai persiapan, penyuluhan, pelatihan, pendampingan, demonstrasi, dll), (4) Indikator Keberhasilan (Uraiaan mengenai indikator yang akan dicapai dalam kegiatan pengabdian), (5) Metode Evaluasi, uraian mnegnai teknik melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapaian indikator keberhasilan.
    • Hasil Dan Diskusi. Hasil dan pembahasan harus sesuai dengan metode pelaksanaan yaitu membahas hasil pelaksanaan dan keberhasilan pelatihan, membahas hasil pelaksanaan dan keberhasilan demonstrasi, dll). Harus dibahas pula apakah hasil evaluasi telah memenuhi indikator keberhasilan. Pada penulisan proses analisis data tidak perlu disajikan. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil pengabdian. Tabel dan grafik harus diberi komentar atau dibahas.
    • Kesimpulan. Harus berisi simpulan dari kegiatan pengabdian sesuai dengan tujuan. Kesimpulan berupa kalimat singkat, padat, dan jelas. Diperkenankan pula untuk menulis saran yang akan disampaikan sebagai keberlanjutan
    • Ucapan Terima Kasih. Ucapan terima kasih pada naskah ini dituliskan di bagian akhir naskah sebelum bagian referensi. Ucapan terima kasih kepada pihak tertentu, misalnya orang-orang atau sponsor yang memberikan bantuan selama persiapan, pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat hingga penyusunan naskah, dinyatakan dengan jelas dan singkat, hindari pernyataan terimakasih yang berlebihan

REFERENSI

Referensi naskah berasal dari sumber pustaka terbaru (5 sampai 10 tahun terakhir), minimum 15 referensi dan 80% dari referensi berasal dari jurnal. Referensi dapat diakses oleh pembaca. Referensi naskah disusun berdasarkan abjad, mengikuti metode APA, yang dapat dilakukan dalam MS Word. Berikut adalah contoh format referensi dengan metode APA. Referensi ditulis menggunakan Aplikasi Mendeley

 

Journal Article

Bhuvaneswari, K., Geethalakshmi, V., Lakshmanan, A., Srinivasan, R., & Sekhar, N. U. (2013). The impact of El Nino/ Southern Oscillation on hydrology and rice productivity in the Cauvery Basin, India: Application of the soil and water assessment tool. Weather and Climate Extremes, 2, 39-47.

Brennan, M. A. & Israel, G. D. (2008). The power of community. Community Development, 39(1). 82-97.

 

Book

McKibbin, B. (2007). Deep economy: The wealth of communities and the durable future. New York: Times Book/Henry Hold and Co.

 

Chapter in an edited book

Pigg, K. E., & Bradshaw, T. K., (2003). Catalytic community development: A theory of practice for changing rural society. In D. L. Brown & L. E. Swanson (Eds.), Challenges for rural America in the twenty-first century (pp. 385-396). University Park, PA: Pennsylvania State University Press.

 

Internet source

U.S. Cencus Bureau. (2000). State and Country QuickFacts. Washington, D.C.: United States Bureau of the Cencus. Retrieved November 7, 2008, from http://quickfacts.cencus.gov/qfd/

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Agar naskah yang diajukan dapat dipublikasikan dan disebarluaskan, maka diperlukan publishing right (hak penerbitan) dalam bentuk publishing agreement (perjanjian penerbitan) antara penulis dan pemimpin redaksi Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  . Perjanjian penerbitan ini berkaitan dengan pengalihan atau lisensi hak cipta kepada Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat, sehingga Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  memperoleh hak-hak berikut:

  1. Hak untuk menerbitkan naskah dalam segala bentuk dan media, sehingga dapat digunakan untuk kepentingan selanjutnya.
  2. Wewenang untuk menegakkan hak-hak dalam naskah, atas nama penulis, misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.

Penulis juga memiliki hak signifikan untuk menggunakan dan membagikan naskah yang diterbitkan sendiri.

 

Privacy Statement

Redaksi Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  merahasiakan nama para penulis naskah yang akan ditinjau oleh para peninjau, demikian pula nama para peninjau dirahasiakan terhadap para penulis. Diharapkan para penulis juga merahasiakan komunikasi dengan pengelola jurnal. Korespondensi dengan jurnal, laporan peninjau, dan material rahasia lainnya tidak boleh diterbitkan di situs apa pun tanpa izin tertulis dari editor, terlepas dari apakah naskah itu diterbitkan pada Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  atau tidak.