Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  menerima naskah dari berbagai disiplin keilmuan terutama berfokus (tetapi tidak terbatas pada) upaya peningkatan pelayanan dan pelibatan masyarakat  bersama mitra sebagai berikut berikut:

  1. Pelatihan, pemasaran, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM
  2. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal
  3. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal
  4. Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang berwawasan lingkungan
  5. Peningkatan Kesehatan, gizi, penyakit tropis, dan obat-obatan herbal,
  6. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap artikel yang masuk ke redaksi akan dipilih melalui proses review awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel akan dikirim ke mitra bebestari/peer reviewer dan akan menuju ke seleksi berikutnya dengan proses review. Setiap artikel akan direview oleh minimum 2 (dua) orang mitra bebestari/peer reviewer. Setelah itu, artikel akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi. Proses ini membutuhkan waktu maksimum satu bulan. Dalam setiap naskah, mitra bebestari/peer reviewer akan menilai aspek substansial dan teknis. Mitra bebestari/peer reviewer yang bekerja sama dengan Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  adalah ahli di bidang pengabdian kepada masyarakat dan isu-isu di sekitarnya. Mereka berpengalaman dalam pengelolaan jurnal bergengsi dan publikasinya tersebar di lingkup nasional maupun internasional.

 

Publication Frequency

Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember

 

Open Access Policy

Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa publikasi tersedia untuk umum secara gratis mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar dalam hal keterlibatan masyarakat. Jurnal ini dapat diakses di internet publik, memungkinkan setiap pengguna (akademisi, mahasiswa, dosen) untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, dan juga untuk mencampur, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial (CC BY-SA 4.0).

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Screening Plagiarsm

Screening Plagiarsm

Penapisan untuk memeriksa adanya plagiarisme dimulai dari partisipasi aktif para penulis untuk memastikan bahwa:

  1. Naskah adalah karya asli, tidak mencontoh hasil karya penulis lain atau tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Naskah belum pernah dipublikasi sebelumnya dan saat ini tidak dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal/prosiding lain.
  3. Naskah tidak mengandung pernyataan yang memfitnah atau melanggar hukum dan tidak mengandung materi apa pun yang melanggar privasi individu, hak kepemilikan, atau hak cipta menurut undang-undang.
  4. Semua penulis telah meninjau ulang naskah, bertanggung jawab atas isi naskah, dan menyetujui naskah tersebut untuk dipublikasi.
  5. Para penulis mengetahui dan menyetujui perjanjian publikasi ini.
  6. Setiap naskah yang diserahkan ke Jurnal Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Masyarakat  akan diperiksa kesamaannya dengan perangkat Turnitin. Naskah yang terdeteksi plagiarisme akan segera ditolak dan tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti proses selanjutnya untuk dipublikasikan.