GEOKIMIA BATUGAMPING FORMASI SALODIK, PADA LINTASAN AREA LUWUK DAERAH LUWUK, KABUPATEN BANGGAI, PROVINSI SULAWESI TENGAH

Gheovany Tresna, Moehammad Ali Jambak

Abstract


Pesatnya perkembangan akan pembangunan infrastruktur di Indonesia mengakibatkan meningkatnya pula kebutuhan akan bahan baku untuk pembangunan salah satunya semen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mencari lahan ekspklorasi baru perlu ditingkatkan agar kebutuhan konsumen terpenuhi. Sehingga pembangunan akan berjalan dengan baik. Formasi Salodik merupakan salah satu formasi batuan sedimen dengan litologi batugamping dan sekidikit batupasir pada bagian bawahnya, yang terlertak di daerah Luwuk dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui litofasies dan kualitas batugamping daerah penelitian sebagai bahan baku semen berdasarkan data sayatan petrografi dan analisa kimia dengan menggunakan  XRF (X-Ray Flourosence) pada sample batuan yang didapat dari daerah penelitian.  Berdasarkan pengamatan melalui sayatan petrografi, maka litofasies pada batugamping Formasi Salodik adalah Large Foram Wackstone, Skeletal Wackstone, Mollusca Wackestone. Dari hasil analisis kimia yang dilakukan, batugamping pada daerah penelitian memiliki kandungan CaO yang tinggi dan MgO yang rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan batugamping pada daerah penelitian merupakan bahan baku semen yang memiliki kualitas yang baik.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Badan Standarisasi Nasional, 2004. SNI 15-2049-2004 : Semen Portland. Jakarta: BSN

Duda, W. H, 1976. Cement Data Book, ed-2 Mc. Domald dan Evans, London, 601 hal

Dunham, R, J., 1962, Classification of Carbonates rocks according to Deposition Texture, p 108 -121. 1n : Ham, W.E (ed) Classification of Carbonates rocks, Tulsa, Okla, AAPG mem. 1, 279 p.

Reijers, T., dan Hsu, K., 1986, Manual of Carbonate Sedimentology: A Lexicographical Approach, London: Academic Press.

Rusmana, E., A. Koswara, T.O. Simandjuntak, 1993. Peta Geologi Lembar Luwuk, Skala 1:250.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Tresna, Gheovany. 2018. Lithofasies dan Kualitas Batugamping Formasi Salodik Sebagai Bahan Galian Industri pada Daerah Luwuk dan Skitarnya, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/jogee.v2i1.8930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.