ANALISIS KELAYAKAN PROYEK PEMBANGKIT LISTRIK ENERGI PANAS BUMI AREA “CFA”

Chandra Falqahiyah, Benyamin Benyamin

Abstract


Kebutuhan akan energi listrik di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang signifikan seiring dengan bertambahnya kebutuhan hidup masyarakat maupun perkembangan di segala sektor kehidupan. Panas bumi merupakan sumber daya energi terbarukan yang dapat di konversikan menjadi sumber energi listrik, selain itu energi tersebut merupakan energi yang ramah lingkungan dan dianggap dapat mendukung pembangunan berkelanjutan. Daerah penelitian berada pada area “CFA” yang terletak di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kelayakan proyek pembangkit listrik energi panas bumi pada daerah penelitian berdasarkan potensi cadangan dan parameter keekonomiannya. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah analisis potensi cadangan panas bumi, pengembangan model keuangan, serta sensitivitas pada nilai NPV proyek. Hasil dari penelitian adalah potensi cadangan panas bumi pada area “CFA” memiliki cadangan terduga 475,6 MWe dengan kapasitas tersebut akan dapat dikembangkan proyek pembangkit listrik energi panas bumi dengan kapasitas 55 MWe. Hal-hal yang harus diperhitungkan dalam pelaksanaan pengembangan proyek Drilling and Proven Resource, Production and Revenue, Investment, Operating Expenditure, Pajak dan Depresiasi. Parameter keekonomian yang berpengaruh dalam penentuan investasi dan pelaksanaan proyek yang dihasilkan adalah NPV -97.546 USD, IRR 2%, payback period melewati masa kontrak proyek, dan Profitability Index 0,61 sedangkan yang menjadi parameter paling sensitif pada proyek ini adalah harga jual listrik. Hasil dari analisis kelayakan berdasarkan potensi cadangan dan parameter keekonomian di area penelitian dikatakan tidak layak untuk dikembangkan menjadi proyek pembangkit listrik energi panas bumi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Ernst dan Young., 2011. Study on Geothermal Power Development Project in Hululais, Indonesia. West Japan Engineering Consultants, Inc.

Bemmelen, Van., 1949. Geology of Indonesia.

Falqahiyah, Chandra., 2019. Analisis Kelayakan Proyek Pembangkit Listrik Energi Panas Bumi Berdasarkan Potensi Cadangan dan Parameter Keekonomian di Area “CFA”, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Universitas Trisakti. Jakarta.

Gafoer, dkk. 1992., Peta Geologi Lembar Bengkulu, Sumatera. Indonesia

Kamah, dkk., 2015. Successful Exploration Campaign and to be Developed in Hululais Geothermal Field, Bengkulu Indonesia. Proceedings World Geothermal Congress. Melbourne, Australia.

Koestono, dkk., 2015. Hydrothermal Alteration Mineralogy of WELL HLS-C, Hululais Geothermal Field, Bengkulu, Indonesia. Proceedings World Geothermal Congress 2015, Melbourne, Australia 19-25 April 2015. Pertamina Geothermal Energy. Jakarta

Miryani, Nenny., 2009. Sekilas Tentang Panas Bumi. Institut Teknologi Bandung. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/jogee.v2i1.8929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.