Analisis Data Resistivitas Schlumberger Untuk Identifikasi Cadangan Akuifer Daerah Mampir, Jawa Barat

Maichel Chandra, Mohammad Apriniyadi

Abstract


Air tanah daerah Mampir merupakan salah satu sumber yang dapat dimanfaatkkan. Air tanah ini berada di suatu lapisan tanah yang mengandung air yang sering disebut akuifer. Akuifer dapat dicari dengan beberapa metode, salah satunya metode geolistrik. Metode ini dilakukan dengan menginjeksikan arus listrik ke dalam bumi untuk mengetahui besaran harga resistivitas dari lapisan bawah tanah. Harga resistivitas ini merupakan harga resisitivitas semu yang kemudian akan diinversikan atau diolah untuk mengetahui harga resisitivitas yang sebenarnya melalui proyeksi yang ditunjukkan oleh program tersebut. Harga resistivitas ditunjukkan oleh perbedaan citra warna yang kemudian dianalisa dan diinterpretasikan menjadi beberapa litologi, yaitu lanau, pasir, dan pasir konglomeratan. Pasir inilah yang menjadi akuifer daerah penelitian. Hasil interpretasi kemudian diinterpolasikan untuk mengetahui persebaran dan cadangan dari pasir yang teridentifikasi akuifer. Akuifer pasir ini terletak pada bagian barat dan tenggara daerah penelitan dengan volume total 4.121.044,89 m³ dengan arah
muka air tanah dari tenggara ke barat laut


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 64| PDF views : 0

References


Broto, S., Afifah,S., 2008. Pengolahan Data Geolistrik dengan Metode Schlumberger, Jurnal, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jember.

Chandra Maichel. 2019. Identifikasi dan Perhitungan Cadangan Akuife]kr Dengan Metode Geolistrik di Desa Mampir, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Trisakti. (Tidak Publikasi)

Herlambang, A., 1996. Kualitas Air Tanah Dangkal di Kabupaten Bekasi. Program Pascasarjana, IPB. Bogor.

Krussman, G.P. and Ridder, N.A., 1970. Analysis and Evaluation of Pumping Test Data. International Institute for Land Reclamation and Improvement, Wageningen.

Loke M.H,. 1997,1999,2000. Electrical imaging surveys for environmental and engineering studies. A practical guide to 2-D and 3-D surveys.

Parulian, A. 2009. Monitoring dan Analisis Kadar Aluminium (Al) dan Besi (Fe) Pada Pengolahan Air Minum PDAM Tirtanadi Sunggal. Medan : Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (USU).

Telford, W.M., Geldart, L.P., Sheriff, R.E., 1990. Applied Geophysics Second Edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Turkandi T., dkk., 1992. Peta Geologi Lembar Jakarta dan Kepulauan Seribu, Jawa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.