Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Journal of Geoscience Engineering & Energy?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Judul Artikel Ilmiah 
(Judul ditulis dengan font Ms. Word Times New Roman ukuran 16, cetak tebal, tidak lebih dari 14 kata, posisi judul di tengah)

Nama Penulis Pertama1, Nama Penulis Kedua 2, Nama Penulis Ketiga3

(Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik, Ms. Word Times New Roman ukuran 12, cetak tebal, posisi di tengah)

1Tulis disini asal instansi pertama, sertakan alamat lengkap yang terdiri dari:jalan dan nomor bangunan, kota, kodepos, dan negara .

2 Tulis disini asal instansi kedua, sertakan alamat lengkap yang terdiri dari:jalan dan nomor bangunan, kota, kodepos, dan negara

3Tulis disini asal instansi ketiga dan alamat lengkap .


a)Email korespondensi: penulis@emailaddress.xxx
b)penulislain@emailaddress.yyy

Sari. Di sinilah tempat anda meletakkan abstrak dalam bahasa Indonesia. Bagian ini telah diformat otomatis sehingga anda tinggal mengklik dan mengganti teks ini dengan materi abstrak, maka sudah terformat otomatis sesuai dengan template penulisan abstrak. Abstrak disajikan dalam bentuk paragraf tunggal dengan jumlah kata tidak lebih dari 250 kata. Abstrak sebagai gambaran eksplisit penelitian harus mencakup pendahuluan, tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil serta kesimpulan penelitian. Abstrak sebaiknya disampaikan dengan bahasa yang lugas dan jelas tanpa ada referensi pada daftar pustaka. Hindari penggunaan singkatan-singkatan yang tidak lazim, tetapi apabila penting untuk digunakan maka sebaiknya didefinisikan terlebih dahulu pada bagian awal abstrak.

AbstractHere is where you put your summary in English.  If you click ONCE on and select this paragraph, you will replace this text with your own text and it will be automatically formatted for you.  Abstract consists of single paraghraph containing less than 250 words. The abstract should state briefly the background of the research, the objectives, methods, the principal results, and major conclusions. Convey the abstract straightforwardly without any references to the bibliography. Abbreviations should be avoided, but if essential, they must be defined at their first mention in the abstract itself.

Kata kunci:  Terdiri dari empat atau lima kata kunci menurut urutan alfabet yang dipisahkan dengan tanda titik koma (;). Gunakan istilah yang spesifik dan relevan dan hindari penggunaan frase panjang dan singkatan.

 

Pendahuluan

(Gunakan template Ms.Word Styles: Heading 1)

     Naskah yang diajukan untuk publikasi di Jurnal JOGEE dapat berupa hasil penelitian atau artikel ulas balik (review) mengenai geologi, …… Naskah tersebut belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang diajukan untuk dipublikasikan pada jurnal lain. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris sesuai dengan kaidah masing-masing bahasa yang digunakan. Apabila naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia, maka abstrak harus dilengkapi abstrak bahasa Indonesia dan abstrak bahasa Inggris.

     Ajukan naskah sesuai fomat dalam template, dengan tidak mengubah huruf dan jarak spasi. Dengan demikian maka anda telah membantu media publikasi ini untuk menampilkan artikel ilmiah secara konsisten. Naskah terdiri dari 6 hingga 15 halaman sudah termasuk lampiran gambar ataupun tabel. Naskah ditulis menggunakan font MS. Word Times New Roman ukuran 11, dengan spasi tunggal. Setiap paragraf ditulis menggunakan format justify, untuk awal penulisan paragraph diberi ketukan spasi 5 ke kanan. Naskah disampaikan dalam format  MS Window *.doc atau *.docx dan dikirim ke tim redaksi secara online melalui metode submit paper via portal e-jurnal JOGEE, ataupun dikirim manual ke email jogee@trisakti.ac.id.

     Naskah terdiri dari 5 bab, yaitu pendahuluan, geologi regional, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan. Bagian pendahuluan merupakan deskripsi komprehensif mengenai topik penelitian yang diangkat di dalam artikel. Pendahuluan sebaiknya terdiri dari latar belakang, tujuan dan sasaran, permasalahan, metode secara singkat, lokasi dan aksesibilitas penelitian, dan subjek penelitian. Apabila akan memasukkan sub-bab, gunakan template Ms. Word Styles: Heading 1.

 

Geologi Regional

(Gunakan template Ms.Word Styles: Heading 1)

    Geologi Regional merupakan penjelasan mengenai kondisi umum dan karakteristik geologi yang menjadi objek daerah penelitian. Bagian ini terdiri dari pemaparan setting geologi regional mengacu kepada hasil penelitian sebelumnya, ataupun peta geologi regional.

 

Metode Penelitian

(Gunakan template Ms.Word Styles: Heading 1)

Metode penelitian ditulis secara rasional, sistematis dan empiris, dengan menyertakan alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian. Jika diperlukan dapat menggunakan diagram alur penelitian untuk menunjukkan tahapan penelitian secara lebih terperinci. Bagian ini mencakup teknik atau prosedur untuk menganalisa topik yang diteliti, sehingga masalah terpecahkan dan dapat diperoleh kesimpulan.

 

Hasil dan Pembahasan

(Gunakan template Ms.Word Styles: Heading 1)

Bagian ini merupakan penjelasan detail hasil penelitian yang juga dapat disajikan dalam bentuk gambar serta tabel. Diskusi harus menjelaskan aspek penting dari penelitian, tanpa mengulangi materi dan metodologi penelitian. Kutipan sangat dianjurkan dalam penulisan naskah, disarankan untuk menggunakan referensi baik berupa artikel  jurnal ilmiah, buku, tesis dan disertasi, dengan maksimum publikasi/penerbitan dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Penulis dapat memasukkan kutipan dengan menggunakan fitur Windows MENDELEY untuk menyederhanakan edit referensi.

     Gambar, tabel, dan persamaan harus dimasukkan di dalam teks dan tidak dikelompokkan di bagian akhir artikel. Hati-hati terhadap penulisan ganda penomoran tabel atau persamaan. Tabel disajikan ringkas tanpa menggunakan garis pinggir dan diberi judul pendek-jelas yang mudah dimengerti. Judul tabel ditulis di bagian tengah atas tabel, dan diberi titik (.). Setiap tabel diberi nomor secara berurutan dan ditinjau dalam teks. Tabel yang ukurannya melebihi satu kolom, maka dapat menempati area dua kolom Tabel diberi penjelasan yang cukup, termasuk sumbernya, sehingga tabel tersebut dapat menjelaskan informasi yang disajikan secara independen. Untuk penyajian tabel, silakan merujuk ke format berikut ini:

Tabel 1. Contoh

(Gunakan template Ms. Word style: Heading 2)

Kombinasi Saluran

Akurasi (%)

Khat-statistic

Z-statistic

PCA 1-4-6

47

0.35

22.4

PCA 1-3-5

49

0.20

10.46

*Variasi data

 

 

Tabel 2. Kelimpahan Fenokris Pada Contoh Batuan Beku

(Gunakan template Ms. Word style: Heading 2)

 

*(*) = hadir; (tr) = trace; (x) = absen

Pengutipan gambar, grafik, ataupun foto dalam naskah harus dilakukan secara berurutan. Letakkan gambar, grafik, dan foto sedekat mungkin penyebutan pertama dalam teks dengan judul gambar yang diposisikan di bagian bawah gambar. Judul gambar ditulis menggunakan format Ms. Word Times New Roman ukuran 9. Untuk mendapatkan kualitas cetak yang tajam dan jelas, sebaiknya sajikan gambar, grafik, dan foto menggunakan format tiff  atau jpeg dengan resolusi 300 dpi. Semua simbol yang terdapat di dalam gambar harus dijelaskan dalam bentuk legenda/keterangan. Apabila format gambar, grafik, dan foto melebihi satu kolom, maka dapat disajikan dengan area dua kolom. Untuk penyajian gambar, silakan merujuk ke format berikut ini:

 

 

 

Gambar 1. Model konseptual sistem panas bumi Kawah Ijen (kiri) dan sistem panas bumi Tangkuban Perahu (kanan).

 

 

Gambar 2. Tipikal zoning fenokris a) Olivin, b) Klinopiroksen, c)Plagioklas, d)Orthopiroksen, dari contoh batuan beku Gunung Papandayan dan Gunung. Cikurai.

 

 Kesimpulan

(Gunakan template Ms.Word Styles: Heading 1)

Tuliskan kesimpulan dalam bentuk kalimat singkat dalam bentuk paragraf dengan format tanpa penomoran.  Perhatikan konsistensi pada saat menulis kesimpulan, jika terdapat dua tujuan penelitian, maka ada dua hasil pembahasan, dan dua kesimpulan.  Kesimpulan juga dapat  pula berisi pentingnya hasil penelitian dan saran untuk aplikasi atau  penelitian lebih lanjut.

 

Ucapan Terima Kasih

(Gunakan Template Ms. Word style: Heading 1)

Ucapan terimakasih dikhususkan untuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada mereka yang telah berkontribusi selama penelitian, dapat berupa indivual, institusi pemerintah ataupun perusahaan yang telah  memberikan izin untuk mempublikasikan hasil penelitian, maupun badan yang membantu dalam pendanaan penelitian.

 

Daftar Pustaka

(Gunakan Template Ms. Word style: Heading 1)

Daftar pustaka yang digunakan sebagai rujukan metode dan materi artikel dapat berupa rujukan buku dengan maksimum penerbitan 15 tahun terakhir, ataupun rujukan jurnal dengan maksimum penerbitan 10 tahun terakhir. Seluruh referensi yang dipergunakan dalam text harus ditampilkan dalam daftar pustaka dengan pencantuman berdasarkan abjad, format penulisan dapat menggunakan APA (American Psychological Association) edisi ke 6. Untuk menghubungkan bibliografi di text dan daftar pustaka dapan menggunakan aplikasi Mendeley, sehingga dengan mengklik referensi dan memasukkan bibliografi, artikel yang dikutip akan muncul secara otomatis di daftar pustaka. Contoh tampilan daftar pustaka adalah seperti format berikut ini:

  1. Atabey, E., 2002. The formation of fissure ridge type laminated travertinetufa deposits microscopical characteristics and diagenesis, Kirsehir Central Anatolia. Mineral Resources Exploration Bulletin, pp. 123-124.
  2. C. D. Smith and E. F. Jones, “Load-cycling in cubic press,” in Shock Compression of Condensed Matter-2001, AIP Conference Proceedings 620, edited by M. D. Furnish et al. (American Institute of Physics, Melville, NY, 2002), pp. 651–654.
  3. Kalinowski, A., & Oliver, S., 2004. Aster Mineral Index Processing. Manual. Remote Sensing Application Geosciense, 36.
  4. Sujatmiko & Santosa, S., 1992. Peta Geologi Lembar  Leuwidamar, Jawa. Pusat Penelitian and Pengembangan Geologi (P3G), Bandung (in Bahasa Indonesia).
  5. Sulthoni, J.N., 2017. Geologi dan Kontrol Struktur Terhadap Mineralisasi Epithermal Berdasarkan Analisis Tensor dan Geokimia di Gunung Ijo dan Sekitarnya, Pegunungan Kulonprogo, DIY. Skripsi. Teknik Geologi, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto (Tidak dipublikasikan).
  6. R. T. Wang, “Title of Chapter,” in Classic Physiques, edited by R. B. Hamil (Publisher Name, Publisher City, 1999), pp. 212–213.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.