PENGARUH PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN WAJIB PAJAK

Marieta Ariani, Rubiatto Biettant

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of formal taxpayer knowledge and awareness of taxpayers on motor vehicle taxpayer compliance at the SAMSAT POLDA office in West Jakarta. The data used are primary data by distributing questionnaires to Motor vehicle taxpayers registered at the SAMSAT POLDA Office in West Jakarta. The population that will be the object of research is all motorized taxpayers registered at the POLDA SAMSAT office in West Jakarta until the period of December 2017. The sampling technique used is accidental sampling. This study uses the Structural Equation Model method. The results showed that the service of the tax authorities had a positive and significant effect on motor vehicle taxpayer compliance and the satisfaction of taxpayers had a positive and significant effect on motor vehicle taxpayer compliance. The results of this study also concluded that the tax authorities' service had a positive and significant effect on motor vehicle taxpayer compliance through taxpayer satisfaction.

 

 


Keywords


Tax Authorities Service, Taxpayer Satisfaction, Motor Vehicle Taxpayer Compliance

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


Ardyansayah Ahmad,Kertahadi,Rizki Yudhi. 2016. Pengaruh Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kepuasan Wajib Pajak (studi kasus wajib pajak di wilayah kerja KPP Pratama Blitar). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Asep Hermawan.2006. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta : PTGramedia Widia Sarana Indonesia.

Boediono, B. 2003.Pelayanan Prima Perpajakan.Jakarta : Rineka Cipta

Christina,Ni.Kadek,dan Putu Keprameni. 2012. Pengaruh Keajiban Moral,Kualitas Pelayanan,dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Denpasar. Jurnal Riset Akuntansi,Vol No2 : p 137-150

Komala, Kirana Cipta. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Universitas Brawijaya.

Kotler, Amstrong. 2001.Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Krismanto. 2015. Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang. ). Jurnal Perpajakan (JEJAK)| Vol. 8 No. 1

Mowen, John C. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Muliari dan Setiawan. 2009. Pengaruh Persepsi tentang Sanksi perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Prata Denpasar Timur

Nurmantu. 2003. http://respository.usu.ac.id. Analisis Pengaruh Kesadaran Dan Kepatuhan Wajib Pajak.

Rahayu, Siti Kurnia dan Ely Suhayati. 2010. Perpajakan Indonesia : Teori dan Teknis Perhitungan, Edisi 1. Graha Ilmu:Yogyakarta.

Rangkuti, Fredy. 2006. Measuring Customer Satisfaction Cetakan ke-3. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rusydi, M. Khoiru dan Fathoni. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 9 Nomor 3 Mei 2011.

Sekaran, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Silalahi, Sixvana. 2014. Pengaruh kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak dan Penerimaan Pajak. Universitas Brawijaya.

Silitonga, Posma Sahat Horas.2010. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Madya Batam. Universitas Terbuka. Jakarta

Siregar, Yuli Anita, Saryadi & Listyorini, Sari (2012). Pengaruh Pelayanan Fiskus dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak di Semarang Tengah). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), hal.3

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Wardani dan Rumiyatun. 2017. Pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak kendaraan bermotor, dan sistem samsat drive thru terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor (Studi kasus WP PKB roda empat di Samsat Drive Thru Bantul). E- Jurnal Akuntansi Vol. 5 NO. 1 Juni 2017 Universitas Sarjawawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Yuliasari Wirda Salisa.2015. Pengaruh Sosisalisasi Perpajakan,Pelayanan Fiskus, dan Sanksi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Ponorogo http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/jipak.v13i1.4950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.