PENYARINGAN UNSUR-UNSUR LOGAM (Fe, Mn) AIR TANAH DANGKAL DI KELURAHAN JEMBATAN LIMA, TAMBORA, JAKARTA BARAT

Suherman Dwi Nuryana, Hidartan Hidartan, Himmes Fitra Yuda, Cahyaningratri Prima Riyandhani

Abstract


Air merupakan sumber daya alam yang mempunyai fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Kebutuhan air bersih yang tinggi bagi masyarakat yang diambil dari air permukaan (0-40 m) rentan akan penurunan kualitas airnya, yang disebabkan oleh adanya pengaruh (influen) dari air sungai sekitarnya yang sudah tercemar oleh limbah logam berat yang berasal dari limbah rumah tangga dan industri. Pemakaian airtanah yang berasal dari sumur gali kendala yang paling sering ditemui adalah masalah kandungan zat besi (Fe) dan mangan (Mn) yang terdapat dalam kandungan air tanahnya yang berasal dari air permukaan. Metode sederhana untuk menurunkan kadar logam berat zat besi dan mangan dalam airtanah, salah satu diantarannya yakni dengan cara  filtrasi. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan memberikan pengarahan kepada masyarakat tentang kualitas air sumur di Kelurahan Jembatan Lima, cara pembuatan alat filtrasi yang sederhana dan mudah, dengan biaya pembuatan tidak mahal, dengan bahan dan alat yang ada disekitar kita yang mudah di dapat. Metodologi meliputi survey lapangan, uji kualitas air sumur, cara pembuatan filtrasi air bersih sederhana dan pengukuran kualitatif hasil penyuluhan pada sesi tanya jawab tentang kualitas air bersih pada peserta PKM. Kegiatan penyuluhan kualitas airtanah dan pembuatan filtrasi air bersih secara sederhana ini dilakukan di Kelurahan Jembatan Lima, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Hasil uji kualitas air sumur menunjukkan kandungan Fe > 0,3 mg/L dan Mn >0,4 mg/L, sudah tercemar oleh unsur-unsur logam dibawah standar baku mutu menurut Permenkes No. 492/2010, yang disebabkan oleh faktor limbah industri maupun rumah tangga. Hasil penyuluhan sesuai dengan harapan yang ingin dicapai, ditunjukkan oleh animo para peserta yang sangat besar, lebih dari 60% peserta yang mengajukan berbagai pertanyaan pada saat sesi tanya-jawab.

Keywords


Filtrasi; Unsur Fe dan Mn; PKM; Tambora

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 195| PDF views : 0

References


Asseggaf, A. (1998). Hidrodinamika Airtanah Cekungan Jakarta. Program Pasca Sarjana (S2) ITB. Bandung. tidak diterbitkan.

Disbang DKI Jakarta & Direktoral GTL. (1996). Pemetaan Zonasi Airtanah Dangkal Wilayah Jakarta Timur dan Barat. Dir. GTL – Ditjen. Geologi dan Sumberdaya Mineral; Dept. Pertambangan. Bandung (tidak dipublikasikan).

Disbang DKI Jakarta. (2005). Kajian Data Hasil Pemboran Air Bawah Tanah Di Wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat. (tidak dipublikasikan).

Effendi, AC. (1992). Peta Geologi Lembar Bogor Jawa Barat, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi. Direktorat Sumberdaya Mineral. Bandung.

Haryadi T., Wishnu W. (1995). Konservasi Airtanah di Wilayah DKI JakartaTangerang. Direktorat Geologi Tata Lingkungan. Bandung - Indonesia (tidak dipublikasikan).

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Jakart a_Tambora.PNG

Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010. Tentang Syarat-Syarat Standar Kualitas Air Bersih dan Air Minum.

Permatasari, Cici Intan. (2016). Analisis Penurunan Kadar Besi (Fe) Dan Mangan (Mn) Dalam Air Sumur Gali Dengan Metode Aerasi Filtrasi Menggunakan Aerator Sembur/Spray dan Saringan Pasir Cepat, Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan).

Rahmanto, Dhimas D. (2019). Karakteristik Hidrokimia Airtanah Daerah Cilincing Dan Sekitarnya, Kecamatan Cilincing, Kotamadya Jakarta Utara, Provinsi Dki Jakarta. Skripsi Sarjana. (tidak dipublikasikan).

Sasadara, Sharah Cintya, Eni Mahawati, Eko Hartini. (2012). Efektifitas Alat Pemurni Air dalam Menurunkan Kadar Besi (Fe) Berdasarkan Variasi Waktu Tinggal Pada Air Sumur Gali. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Setiyono, A. (2014). Studi Kadar Mangan (Mn) Pada Air Sumur Gali di Desa Karangnunggal Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 10(1), 974-981




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/jamin.v1i3.6044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.