PENYULUHAN PENGOLAHAN LIMBAH CAIR TAHU SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF BIOGAS DI PABRIK TAHU USAHA MAJU PANGAN SUPLAI

Dina Asmaul Chusniyah, Reno Pratiwi, Kris Pudyastuti, Lilik Zabidi, Andri Prima, Riski Akbar, Lisa Sugiarti

Abstract


Teknik mengolah limbah cair tahu agar menjadi energi alternatif biogas yang ramah lingkungan dan  memberikan efek ekonomi yang baik bagi pabrik tahu dan masyarakat di sekitar pabrik tahu. Cairan limbah tahu merupakan komponen yang berbahaya jika dibuang secara sembarangan ke lingkungan karena dapat menimbulkan bau busuk, penyakit dan mencemari air, juga pemicu gas rumah kaca, agar limbah tahu tersebut tidak mencemari lingkungan dan lebih bermanfaat maka limbah tersebut perlu diolah menjadi energi alternatif salah contohnya adalah biogas. Dengan mengkonversi limbah cair pabrik tahu menjadi biogas, pemilik pabrik tahu tidak hanya berkontribusi dalam menjaga lingkungan tetapi juga meningkatkan pendapatannya dengan mengurangi konsumsi bahan bakar pada proses pembuatan tahu. Melalui kegiatan pengolahan limbah cair tahu sebagai energi alternatif biogas di pabrik tahu usaha maju pangan suplai kelurahan palmerah jakarta barat diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi pengurus, karyawan dan masyarakat di sekitar pabrik tahu mengenai bahaya penggunaan limbah cair tahu bagi kesehatan serta bahaya pembuangannya bagi lingkungan.


Keywords


Biogas; Energi Alternatif; Limbah cair tahu.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 186| PDF views : 0

References


Angraini, Mumu S. dan Yulianti P. (2014), Pengolahan Limbah Cair Tahu secara Anaerob menggunakan Sistem Batch,Reka Lingkungan, Jurnal Institute Teknologi Nasional no. 1 Volume 2 Februari 2014. Jurusan Teknik Lingkungan Institute Teknologi Nasional: Bandung.

Rossiana, Nia. (2006). Uji Tosisitas Limbah Cair Tahu Sumedang terhadap Reproduksi Daphnia Carinata King. Jurnal Biologi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran : Bandung.

Sadzali Iman, Desember (2010), potensi limbah tahu sebagai biogas, Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Kesehatan, Sains, dan Teknologi, Volume 1.

Siallagan, Nurmay Rosilawati Siska. (2010). Pengaruh Waktu Tinggal dan Komposisi Bahan Baku pada Proses Fermentasi Limbah Cair Industri Tahu Terhadap Produksi Biogas.Universitas Sumatera Utara : Medan

Siska R., Nurmay (2010), Pengaruh waktu tinggal dan komposisi bahan baku Pada proses fermentasi limbah cair industri tahu terhadap produksi biogas, Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Yuliawati, Endang (2008). Pengaruh Suhu dan C/N Rasio Terhadap Produksi Biogas Berbahan Baku Sampah Organik Sayuran. Institut Pertanian Bogor: Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.25105/jamin.v1i2.5856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.