Perlindungan Konsumen Terhadap Perbuatan Melawan Hukum Oleh Developer Perumahan Dalam Melakukan Pemasaran

Main Article Content

Bella Destya Handayanti
Dhany Rahmawan

Abstract

Untuk menarik minat konsumen, adakalanya pemasaran suatu produk memberikan informasi berlebihan mengenai produknya. Demikian halnya dengan pemasaran di bidang properti, yaitu memberikan informasi atau gambaran yang tidak sesuai dengan faktanya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaturan Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Perumahan dan Apakah konsumen yang dirugikan dapat mengajukan gugatan ganti rugi kepada pengembang. Penelitian ini diperoleh melalui studi kepustakaan, sedangkan sifat penelitiannya deskriptif analisis. Hasil penelitian sebagai berikut yaitu terdapat beberapa regulasi mengenai perlindungan konsumen yang diatur didalam UU Perumahan; UU Perlindungan Konsumen; Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2001 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen; PerMen Dagri Nomor 69 Tahun 2018 tentang Pengawasan Barang Beredar dan/atau Jasa. Dan dalam hal ini konsumen yang merasa dirugikan dapat mengajukan gugatan ganti rugi berdasarkan Pasal 45 UUPK, dan Pasal 148 UU PKP.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

BUKU

Augustinus Simanjuntak. (2018). Hukum Bisnis Sebuah Pemahaman Negative antara Hukum dan Praktik Bisnis. Depok: Rajawali Pers.

AZ. Nasution. (2011). Perlindungan Konsumen. Jakarta: Diadit Media.

Celina Tri Siwi Kristiyanti. (2009). Hukum perlindungan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika.

Susanti Adi Nugroho. (2011). Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau dari Hukum Acara serta Kendala Impementasinya. Jakarta: Kencana.

Gunawan W, Kartini M. (2017). Perikatan yang Lahir dari Undang-Undang. Jakarta: Universitas Trisakti.

Shidarta. (2006). Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo

Zulham. (2016). Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Kencana.

JURNAL

Budi Setiawan, Ferdi, Iyah Faniyah, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Informasi Iklan Perumahan Yang Menyesatkan Dalam Perjanjian Kepemilikan Rumah Pada PT. Bangun Persada sejahtera. UNES LAW REVIEW, Vol. 1 No. 1

Errika Dwi Setya W. (2012). Periklanan dalam Media Baru. Jurnal the Messenger Vol IV No. 1

Khotbatul Laila. (2017). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Iklan yang Melanggar Tata Cara Periklanan. Jurnal Cakrawala Hukum. Vol. 8 No. 1

INTERNET

Mahendra Bungalan. “Pemerintah Diminta Prioritaskan Kebutuhan Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah”. (Online), Tersedia di Suara Merdeka: https://www.google.co.id/amp/s/www.suaramerdeka.com/politik/amp/pr-04123998/pemerintah-diminta-prioritaskan-kebutuhan-rumah-masyarakat-berpenghasilan-rendah%3fpage=all (7 Oktober 2021).

Targetoperasi.com, “merasa tertipu, warga ancam laporkan pihak pengembang perumahan marien garden ke polisi”. (Online), tersedia di: https://www.targetoperasi.com/2019/12/merasa-tertipu-warga-ancam-laporkan.html (5 Desember 2021).

PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman