TERDAFTARNYA KATA UMUM "AJAIB" SEBAGAI MEREK PADA DAFTAR UMUM MEREK

Main Article Content

Shafa Bakadam
Rr. Aline Gratika Nugrahani

Abstract

Pada Pangkalan Data Kekayaan Intelektual ditemukan 4 (empat) kata "Ajaib" yang digunakan sebagai merek dengan status telah terdaftar. Pada pasal 20 huruf f Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis menyatakan merek tidak dapat didaftar apabila merupakan nama umum dan/atau lambang milik umum. Pokok permasalahannya adalah apakah kata Ajaib tidak termasuk ke dalam kategori kata umum sehingga pendaftarannya diterima dan bagaimana akibat hukum terhadap diterimanya pendaftaran kata umum sebagai merek serta upaya hukum apa yang dapat dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif, dengan data sekunder yang ditunjang oleh data primer. Sifat penelitian bersifat deskriptif dan penarikan kesimpulan dengan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian kata Ajaib merupakan kata umum sehingga tidak dapat diterima pendaftarannya sebagai merek.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

BUKU

Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras, 2011.

M. Anang Firmansyah, Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Qiara Media, 2019.

Rika Ratna Permata, et al, Pelanggaran Merek di Indonesia. Bandung: Refika Aditama, 2021.

RR Aline Gratika N. Kecap Benteng Dan Mendoan Dengan Kopi Gayo Pada Foto Naruto Sampai Putri Balantak Dalam Kayu Bajakah Di Protokol Madrid. Tangerang: Sentra Solusi Grafika, 2020.

PERATURAN UNDANG-UNDANG

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis

JURNAL

Tomy Pasca Rifai, "Kesiapan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean", Fiat Justitia Jurnal Ilmu Hukum. Vol. 10. No. 04 (2016).

Jake Linford, "A Linguistic Justification for Protecting "Generic" Trademark", The Yale Journal of Law & Technology. Vol. 17, (2015).

ON-LINE DARI INTERNET

Kementerian Pendidikan Kebudayaan. "Kamus Besar Bahasa Indonesia", tersedia di: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ajaib (22 Desember 2021)