PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JALAN TOL JAKARTA-CIKAMPEK TERKAIT BANJIR PADA TAHUN 2021

Main Article Content

Chika Pratiwi
Siti Nurbaiti

Abstract

Jalan tol merupakan jalan umum yang bebas hambatan, tetapi juga dapat menimbulkan masalah  jika terjadi banjir. Seperti banjir yang terjadi di  ruas tol Jakarta-Cikampek Tol Jatibening pada  Februari  2021. Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jalan tol Jakarta–Cikampek pada ruas tol jatibening terkait banjir yang terjadi pada tahun 2021 dan bagaimana tanggung jawab Pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada ruas tol Jatibening terkait banjir pada tahun 2021, hal tersebut merupakan pokok permasalahan yang dibahas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian normative yang bersifat deskriptif yang menggunakan data sekunder dan data primer sebagai data pendukung, analisis penelitian dilakukan secara kualitatif dengan ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil kajian menggambarkan tidak memberikan perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jalan tol Jakarta-Cikampek untuk tol Jatibening pada saat banjir yang terjadi pada tahun 2021, karena hak konsumen berupa kenyamanan melewati jalan tol tidak terpenuhi dan Pengelola jalan tol Jakarta-Cikampek ruas tol Jatibening tidak memberikan ganti rugi kepada pengguna jalan tol terhadap terjadinya banjir, dengan berlindung dibalik alasan force majeure, padahal mencegah banjir di jalan tol merupakan kewajiban pengelola jalan tol dalam menerapkan Standar Pelayanan Minimal.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. (Jakarta: UI Press, 1986, cet. Ke-3).

Dewi, Eli Wuria. Hukum Perlindungan Konsumen. (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2015).

Azwar, Sarifuddin. Metode Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998).

Mansyur, Ali, Irsan Rahman, “Penegaakan Hukum Perlindungan Konsumen Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Produksi Nasional”. (Jurnal Pembaharuan Hukum; Volume II No.1 Januari-April 2015).

Ghaisani, Feisya Amalia dan Suradi Rinitarni Njatrijani, “Tanggung Jawab Badan Usaha Jalan Tol Atas Kerugian Pengguna Jalan Tol Akibat Kesalahan Dalam Pengoperasian Ruas Jalan Tol Di PT. Jasa Marga (Persero) TBK Cabang Jakarta - Tangerang”. (Diponegoro Law Review; Volume 5, Nomor 2 Tahun 2016).

Bam Sinulingga https://www.liputan6.com/news/read/4488089/terendam-banjir-60-sentimenter-gerbang-tol-jatibening-bekasi-ditutup, (Diakses pada tanggal 15 Februari 2022).

Modul 3 Tinjauan Hukum Kontrak, https://bpsdm.pu.go.id/center/pelatihan /uploads/edok/2018/05/d671eModul3TinjauanHukumKontrak.pdf (Diakses pada tanggal 17 Februari 2022).

Theo Reza https://www.kompas.tv/article/68263/banjir-di-tengah-tol-jakarta-cikampek-truk-dan-mobil-terjebak (diakses pada tanggal 15 Februari 2022).

https://www.jasamarga.com/public/id/infoperusahaan/ProfilPerusahaan/Overview.aspx (Diakses pada tanggal 15 Februari 2022).

https://komunitaskonsumen.id/kki-membuka-posko-pengaduan-pengguna-jalan-tol-yang-mengalami-kerugian-akibat-tol-banjir/ (diakses pada tanggal 15 Februari 2022).

https://komunitaskonsumen.id/korban-banjir-di-jalan-tol-bisa-tuntut-ganti-rugi/ (diakses pada tanggal 15 Februari 2022)

Indonesia. Undang Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

---------. PP Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol.

PERMEN PU No. 16/PRT/M/2014 Tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>