KAJIAN MASALAH PRE-PROJECT SELLING APARTEMEN THE ASPEN PEAK RESIDENCE (PUTUSAN NO. 390/PDT.G/2017/PN.JKT.SEL)

Main Article Content

Sarah Anissa Rahmayanti
Anda Setiawati

Abstract

Praktek pre-project selling banyak digunakan oleh para pelaku pembangunan dengan cara diikat dengan PPJB. Namun muncul persoalan terutama pelanggaran PPJB yang bermuara pada gugatan di pengadilan. Dalam penelitian ini penulis mempersoalkan apakah pre-project selling yang diikat dengan PPJB sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan apakah pertimbangan hakim dalam putusan No. 390/Pdt.G/2017/PN.Jkt.Sel yang menyatakan developer wanprestasi sudah tepat. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan tipe penelitian yuridis normatif yang berbasis pada data sekunder dan sifat penelitiannya deskriptif analitis dengan pengambilan kesimpulannya secara induktif. Dari analisis yang sudah dilakukan diperoleh hasil penelitian di mana ada ketidaksesuaian antara pre-project selling Apartemen The Aspen Peak Residence dengan persyaratan Pasal 42 dan 43 UURS terutama syarat kepastian hak atas tanah dan hal-hal yang diperjanjikan. Lalu putusan hakim yang menyatakan developer wanprestasi, putusan sudah tepat karena developer terbukti melakukan wanprestasi atau melanggar kewajiban untuk menyerahkan 2 (dua) unit Apartemen The Aspen Peak Residence.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

Buku Referensi

Arie Sukanti Hutagalung, Kondominium dan Permasalahannya, Edisi Revisi, Depok: Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2007.

Harifin A. Tumpa, Memahami Eksistensi Uang Paksa (Dwangsom) dan Implementasinya di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004.

R.Subekti, Hukum Perjanjian, Jakarta: Intermasa, 2005.

Soerjono Soekanto, Pengantar Penelitian Ilmu Hukum, Depok: UI-Press, 2010.

Jurnal Hukum

Indah Permata Sari, Menyikapi Problematika Hukum Dalam Pemasaran Satuan Rumah Susun Yang Menggunakan Sistem Pre Project Selling, Jurnal Jurist-Diction, Vol.2 No. 2, Mei 2019.

Frans Wempie Supit Pangemanan, Implementasi Pasal 1238 KUHPerdata Terhadap Penentuan Debitor Yang Cidera Janji Dalam Perjanjian Kredit, Jurnal Lex Et Societatis Vol. VII, No. 4, April 2019.

Peraturan Perundang-undangan dan Putusan Pengadilan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata)

Undang-Undang No. 20 tahun 2011 Tentang Rumah Susun

Surat Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat No. 11/KPTS/BPK4N/1994 tentang Pedoman Pengikatan Jual Beli Satuan Rumah Susun

Putusan PN Jakarta Selatan No. 390/Pdt.G/2017/Pn.Jkt.Sel

Online

kategori Rumah Susun di Jakarta berdasarkan Peruntukannya (On-line) tersedia di https://metro.sindonews.com/read/532194/171/4-kategori-rumah-susun-di-jakarta-berdasarkan-peruntukannya-pilih-mana-1630825748 (16 September 2021).

Wanprestasi adalah: pengertian,faktor, dan usur di dalamnya (On-line) tersedia di https://accurate.id/akuntansi/wanprestasi-adalah/ (16 September 2021)

Pengertian, Bentuk,Penyebab dan Hukum Wanprestasi (On-line) tersedia di: http://www.dppferari.org/pengertian-bentuk-penyebab-dan-hukum-wanprestasi/ (16 September 2021).