PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI KECAMATAN CILINCING JAKARTA UTARA

Main Article Content

Shafa Salsabila
Endang Suparsetyani

Abstract

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap adalah kegiatan pendaftaran yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah di seluruh wilayah desa/kelurahan. Pokok Permasalahannya yaitu 1) Apakah pelaksanaan PTSL di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara sudah sesuai atau tidak menurut Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional No.6 Tahun 2018? 2) Apa saja yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan PTSL di Kecamatan Cilincing, Jakata Utara? 3) Bagaimana upaya mengatasi permasalahan yang menjadi hambatan dari pelaksanaan PTSL di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara?. Metode Penelitian yang digunakan adalah normative, bersifat deskriptif analitis, data dan sumber datanya data primer dan sekunder, dianalisis secara kualitatif, penarikan kesimpulannya logika deduktif. Kesimpulan hasil penelitian, 1) Pelaksanaan PTSL di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara sudah sesuai dengan Pasal 4 Ayat (4) Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional No.6 Tahun 2018. 2) Hambatan dalam pelaksanaannya yaitu kurangnya kesadaran aktif masyarakat, pengumpulan data, para pihak yang sulit ditemui,pengukuran bidang tanah,satu objek bidang tanah diklaim dua pihak, penyerahan sertifikat, keterbatasan penyuluhan dan pembagian waktu kerja dimasa pandemi. 3) Upaya-upaya mengatasi hambatannya yaitu Mengadakan Penyuluhan, SDM, Pendampingan Pihak RT/RW, Mediasi, Pengukuran Ulang, Memberikan Surat Kepada Pemohon, Penyuluhan berdasarkan protocol covid-19, Menetapkan Aturan Yang Efisien Dalam Pembagian Waktu Kerja WFH dan WFO.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

Harsono, Boedi. Hukum Agraria Indonesia, Sejarah Pembentukkan Undang–Undang Pokok Agraria, Isi dan Pelaksanaannya. Jilid 1, Jakarta : Universitas Trisakti, 2018.

Lubis, Mhd. Yamin dan Abd. Rahim Lubis, Hukum Pendaftaran Tanah. Bandung : Mandar Maju, 2008

Santoso, Urip. Pendaftaran dan Perolehan Hak atas Tanah. Jakarta: Raih Assa Sukses, 2010.

Santoso, Urip. Perolehan Hak atas Tanah. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Soekanto, Soerjono, Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta : UI-Press, 2019.

Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Petunjuk Teknis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Nomor 1 / Juknis-100.Hk.02.01/I/2021.

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok–Pokok Agraria.

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah.

Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Wawancara dengan Bapak Muhammad Bilal S.H.,M.H., Ketua Panitia Ajudikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kecamatan Cilincing pada tanggal 20 Desember 2020. Pukul 13.00 WIB.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3