PERLINDUNGAN TERHADAP PENCIPTA APLIKASI CXM (STUDI PUTUSAN NOMOR 60/PDT.SUS-HAK CIPTA/2020)

Main Article Content

Amelia Nofianti
Simona Bustani

Abstract

Saat ini perusahaan merasa sulit untuk mempertahankan kepemilikan hak cipta program komputer. Salah satu kasus kepemilikan hak cipta aplikasi CXM adalah PT Telekomunikasi Indonesia dengan seorang programmer bernama Iman Fauzan Syarief dimana Iman mengklaim hak cipta aplikasi tersebut adalah miliknya. Untuk itu penulis akan meneliti bagaimanakah perlindungan hukum terhadap pencipta aplikasi CXM yang sebelumnya terdaftar atas nama Iman Fauzan Syarief berdasarkan UUHC dan bagaimanakah dampak dari pencatatan hak cipta aplikasi CXM atas nama Iman Fauzan Syarief terhadap perusahaan PT. Telkom berdasarkan UUHC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif, bersifat deskriptif dengan menggunakan data sekunder dan data primer, serta mengambil kesimpulan dengan cara deduktif. Perlindungan hukum pencipta Aplikasi CXM dilindungi berdasarkan Pasal 33, 34, 35, dan 37 UUHC dan PT Telkom dinyatakan sebagai pencipta, serta pencatatan atas Aplikasi CXM yang dilakukan oleh programmer Iman Fauzan Syarief tidaklah melahirkan sebuah hak cipta.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

Diah Imaningrum Susanti. Hak cipta: kajian filosofis dan historis. Malang: Setara Perss, 2017.

Freddy Harris dkk. Modul Kekayaan Intelektual Tingkat Dasar Bidang Hak Cipta. Jakarta: DJKI, 2020.

Henry Soelistyo. Hak Cipta Tanpa Hak Moral. Jakarta: Rajawali Perss, 2011.

Jened, Rahmi. Hukum Hak Cipta (Copyright Law). Bandung: Citra Aditya Bakti, 2014.

Sarifuddin Azwar. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

JURNAL

Doddy Kridasaksana dan Subaidah Ratna Juita, “Perlindungan Hukum Mengenai Program Komputer Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta”, Jurnal Transformatika, Vol.8 No.2, Januari 2011.

Irawati. Digital Right Managements (Teknologi Pengaman) Dalam Perlindungan Terhadap Hak Cipta Di Era Digital. Diponegoro Private Law Review. Vol. 4 No. 1, Februari 2019.

M. Jeffry S., dan Tatty A. Ramli. Pencatatan Ciptaan E-Hak Cipta dan Kedudukan Surat Pencatatan Ciptaan dalam Menjamin Perlindungan Hukum bagi Pencipta Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Jurnal Imu Hukum, Vol 4 No.2, 2018.

Ridha dan Sanusi. Pelanggaran Hak Cipta Program Komputer Sistem Operasi Windows (Suatu Penelitian Pada Sekolah Menengah Atas di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan, Vol. 3 No. 2, Mei 2019.

Satria Dewi, Anak Agung Mirah. Perlindungan Hukum Hak Cipta Terhadap Cover Version Lagu Di Youtube. Udayana Master Law Jurnal, Vol. 6 No. 4, Desember 2017.

Simatupang, Khwarizmi M. Tinjauan Yuridis Perlindungan Hak Cipta Dalam Ranah Digital. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, Vo. 15 No. 1, Maret 2021.

Yusup Apandi. Hak Kekayaan Intelektual Pada Program Komputer(Software) Dalam Bidang Teknologi Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, Januari 2020.

PERATURAN

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi .

Most read articles by the same author(s)