MASALAH KETERLAMBATAN PENANDATANGAN AJB DAN PENYERAHAN UNIT APARTEMEN REGATTA (STUDI PUTUSAN NO. 573/PDT.G/2020/PN JKT.UTR)

Main Article Content

Sheira Maghfira Maulani Utami
Anda Setiawati

Abstract

Pemasaran rumah susun sebelum pembangunannya selesai dibangun banyak dilakukan oleh para developer. Umumnya pemasaran didahului dengan adanya ikatan hukum yang dituangkan dalam PPJB. Dalam prakteknya, banyak terjadi masalah di mana developer tidak memenuhi kewajibannya sebagaimana tertuang dalam PPJB dan akibatnya calon pembeli mengajukan gugatan wanprestasi ke pengadilan. Dalam penelitian ini penulis mengangkat masalah mengenai apakah gugatan wanprestasi yang diajukan calon pembeli Apartemen Regatta yang sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan apakah pertimbangan hakim dalam Putusan No. 573/Pdt.G/2020/PN Jkt.Utr sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang. Untuk menjawab permasalahan penulis menggunakan tipe penelitian yuridis normatif yang bersifat deskriptif analitis dan pengambilan kesimpulannya dilakukan secara induktif. Data yang digunakan bersumber pada data sekunder (data kepustakaan) saja. Hasil dari penelitian ini adalah gugatan wanprestasi yang diajukan calon pembeli sudah sesuai kkarena perbuatan developer yang melanggar Pasal 5.1 PPJB termasuk perbuatan wanprestasi. Atas pertimbangan hakim yang menyatakan developer ingkar janji/wanprestasi sudah sesuai dengan ketentuan undang-undang karena developer terbukti tidak melakukan kewajibannya untuk melakukan AJB di hadapan PPAT dan melakukan penyerahan unit apartemen Regatta kepada calon pembeli.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

Buku Referensi

J. Andy Hartanto, Aspek Hukum Peralihan Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun, Surabaya: Jakad Publishing, 2018.

Robensjah Sjachran, Hukum Properti, Karakteristik Perjanjian Jual Beli Properti Dengan Sistem Inden, Jakarta: Kencana, 2021.

R.Subekti, Hukum Perjanjian, Jakarta: Intermasa, 2005.

Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji, Penelitian Hukum Normatif, Suatu Tinjauan Singkat, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Jurnal Hukum

Duwi Galih Prasetiawan, Abdurrahman Konoras, Deasy Soeikromo, Wanprestasi Developer Perumahan Terhadap Proses Penyelesaian Pembangunan Perumahan Berdasarkan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Tanah dan Bangunan, Jurnal LexAdministratum, Vol. IX No. 1, Januari 2021.

Niru Anita Sinaga, Peranan Asas-Asas Hukum Perjanjian Dalam Mewujudkan Tujuan Perjanjian, Jurnal Binamulia Hukum, Vol. 7 No. 2, Desember 2018.

Peraturan Perundang-undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Undang-Undang No. 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 11/PRT/M/2019 Tahun 2019 tentang Sistem Perjanjian Pendahuluan Jual Beli Rumah

Online

Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara No. 573/Pdt.G/2020/PN Jkt.Utr.

Asas Konsensualisme dalam Prespektif Hukum Positif dan Hukum Islam (On-line) tersedia di https://business-law.binus.ac.id/2017/02/27/asas-konsensualisme-dalam-perspektif-hukum-positif-dan-hukum-islam/ (17 November 2021).