SANKSI ADMINISTRASI OLEH KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA TERHADAP KETERLAMBATAN PEMBERITAHUAN PENGAMBILALIHAN (AKUISISI) SAHAM PT PRIMA TOP BOGA OLEH PT NIPPON INDOSARI CORPORINDO, TBK DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PERSAINGAN USAHA

Main Article Content

Levana Cantika Larasati
Anna Maria Tri Anggaraini

Abstract

Berdasarkan peraturan perundang-undangan dalam bidang Persaingan Usaha, pelaku usaha diwajibkan untuk melaporkan kepada KPPU tentang pengambilalihan saham (akuisisi) paling lambat 30 hari kerja.  Permasalahan timbul ketika terdapat perusahaan yang melakukan pengambilalihan saham, dan diduga terlambat melakukan pelaporan ke KPPU, kemudian oleh KPPU diputuskan bersalah dengan memberikan denda yang nilainya tidak sesuai dengan fakta persidangan dan ketentuan hukum yang berlaku. Hal tersebut terjadi dalam kasus pengambilalihan saham PT Prima Top Boga oleh PT Nippon Indosari Corporindo, Tbk sebagaimana dalam Putusan Nomor 07/KPPU-M/2018. Permasalahan dalam skripsi ini adalah Apakah proses penyampaian laporan pemberitahuan pengambilan saham PT Prima Top Boga oleh PT Nippon Indosari Corporindo, Tbk telah sesuai dengan peraturan di bidang persaingan usaha dan bagaimana KPPU menentukan jumlah denda administrasi terhadap PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif, yaitu penelitian yang memberi pemahaman terhadap permasalahan norma yang dialami oleh ilmu hukum dogmatif dalam kegiatannya mendeskripsikan, merumuskan dan menegakkan norma hukum. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer dan sekunder dengan pengambilan kesimpulan secara deduktif. Setelah dilakukan analisis  terhadap Putusan Nomor 07/KPPU-M/2018, terbukti adanya unsur pelanggaran berupa keterlambatan penyampaian laporan oleh pelaku usaha kepada KPPU. Sanksi yang diberikan berupa sanksi administrasi kepada pelaku usaha yang dinyatakan bersalah. Namun nominal pemberian sanksi administrasi yang dikenakan tersebut tidak sesuai yang diatur dalam PP No. 57 Tahun 2010.
Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Levana Cantika Larasati

Mahasiswa Program S1 Fakultas Hukum Universitas Trisakti

Anna Maria Tri Anggaraini

Dosen Fakultas Hukum Trisakti

References

BUKU Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarya: Rineka Cipta, 2005.

Diantha, I Made Pasek. Metodologi Penelitian Hukum Normatif Dalam Justifikasi Teori Hukum. Jakarta: Prenada Media Group, 2016.

Marzuki, Peter Mahmud. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana, 2016.

Sidharta, B. Arief. Meuwissen tentang Pengembanan Hukum, Ilmu Hukum, Teori Hukum dan Filsafat Hukum. Bandung: PT Rafika Aditama, 2009.

Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI-Press, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Usman, Rachmadi. Hukum Persaingan Usaha di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, 2013.

PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Indonesia. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Indonesia. Undang-Undang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. UU No. 5 Tahun 1999 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 33, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3817).

Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Peraturan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Tentang Pedoman Tindakan Administratif Sesuai Ketentuan Pasal 47 UndangUndang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Perkom No. 4 Tahun 2009.

Indonesia. Peraturan Pemerintah Tentang Penggabungan Atau Peleburan Badan Usaha dan Pengambilalihan Saham Perusahaan Yang Dapat Mengakibatkan Terjadinya Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. PP No. 57 Tahun 2010.

PUTUSAN KOMISI PENGAWASAN PERSAINGAN USAHA

Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Putusan Nomor 07/KPPU-M/2018 tentang Keterlambatan Pemberitahuan Pengambilan Saham PT Prima Top Boga Oleh PT Nippon Indosari Corporindo, Tbk.

WAWANCARA:

Wawancara Penulis dengan Bapak Ratmawan Ari Kusnandar, S.H. selaku Investigator Madya di Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia pada 1 Juli 2019.

ONLINE DARI INTERNET

Rachmadsyah, Shanti, Ulasan Lengkap: Pendirian PT PMA, Tersedia Online: https://www.hukumonline.com/k linik/detail/ulasan/lt4c106ba 70922c/pendirianpt-pma/, 10 Juli 2019

Most read articles by the same author(s)