PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL

Elda Franzia

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan media jejaring sosial saat ini menyebabkan pembentukan personal brand melalui media sosial semakin penting. Identitas diri individu dibentuk secara simultan dalam ruang virtual maupun dalam realitas masyarakat sosial. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai pengguna aktif media sosial. Namun media sosial saat ini belum banyak secara sadar digunakan untuk personal branding oleh insan kreatif di Indonesia meskipun media sosial membuka peluang besar bagi pembentukan personal brand yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan profesi anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan personal brand di media sosial dan relasinya dengan sinergi gaya dan bahasa visual foto profil. Studi kasus pada penelitian ini adalah mahasiswa dan alumni Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menganalisis data kuantitatif dari kuesioner reponden dan memaparkan hasil observasi visual terhadap foto profil responden di berbagai media sosial. Hasil dari penelitian ini adalah simpulan bahwa untuk meningkatkan pembentukan personal brand responden dapat dilakukan dengan cara (1) Menampilkan minat pada foto profil dengan menggunakan objek foto dan aktivitas sesuai minat tersebut, (2) Memiliki kesadaran akan citra diri individu, (3) Menampilkan secara konsisten dan berulang, (4) Menggunakan beragam media sosial sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF views : 0

References


McNally, David dan Karl D. Speak, 2009, Be Your Own Brand, a Breakthrough Formula for Standing Out from the Crowd, Berret-Koehler Publishers, pdf.

Nn. 2015, In Indonesia, Social Networking Tops List of Digital Activities, http://www.emarketer.com/Article/Indonesia-Social-Networking-Tops-List-of-Digital-Activities/1012582, diakses pada 17 Juli 2016.

Parengkuan, Erwin, dan Becky Tumewu, 2014, Personal Brand-Inc, Rahasia Untuk Sukses dan Bertahan di Karir, Gramedia, Jakarta.

Yunitasari, Cindy dan Edwin Japarianto, 2013, Analisa Faktor-Faktor Pembentuk Personal Branding Dari C.Y.N, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1 No. 1, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=193510&val=6507&title=Analisa%20FaktorFaktor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.