Editorial Policies

Focus and Scope

Berbagai permasalahan yang terkait dengan layanan masyarakat perlu ditangani dan dikelola dengan baik. Di lain pihak pengembangan dan penerapan ipteks, model, konsep, hasil penelitian dan pemikiran perlu diimplementasikan untuk meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat serta mitra dalam pembangunan berkelanjutan. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera menerima naskah dari berbagai disiplin keilmuan terutama berfokus (tetapi tidak terbatas pada) upaya peningkatan pelayanan dan pelibatan masyarakat sebagai berikut:

  1. Pemberdayaan Masyarakat, Sosialisasi dan Implementasi Teknologi Tepat Guna
  2. Layanan Masyarakat, Partisipasi Masyarakat, dan Kearifan Lokal
  3. Layanan Komunitas Mahasiswa
  4. Pelatihan, Pemasaran, Akses Sosial, Layanan Desain-Ramah Lingkungan
  5. Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat untuk Pembangunan Berkelanjutan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua naskah yang diterima staf editorial akan melalui proses peninjauan awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, naskah akan dikirim ke peninjau (reviewer) untuk ditinjau secara doubleblind proses review. Setelah proses peninjauan selesai, naskah akan dikembalikan ke penulis untuk revisi. Setiap naskah akan ditinjau dalam hal aspek substansial dan teknis. Semua tim peninjau bereputasi internasional, yang sudah berpengalaman dalam manajemen dan publikasi jurnal akademik nasional dan internasional.

 

Publication Frequency

JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera diterbitkan oleh Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan, Universitas Trisakti adalah jurnal online peer-review dengan akses terbuka yang terbit 2 kali dalam satu tahun pada setiap Januari dan Juli. Penulis dapat mendaftar secara daring pada laman dan tidak memungut biaya apapun dariproses pendaftaran. 

 

Open Access Policy

JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa publikasi tersedia untuk umum secara gratis mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar dalam hal keterlibatan masyarakat. Jurnal ini dapat diakses di internet publik, memungkinkan setiap pengguna (akademisi, mahasiswa, dosen) untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, dan juga untuk mencampur, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial (CC BY-SA 4.0).

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Article Processing Charges

JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera adalah jurnal dengan akses terbuka, tidakmembebankan biaya kepada pembaca atau institusi untuk mengakses. Tidak ada biaya untukpenyerahan naskah, pemrosesan naskah, penerbitan naskah atau reproduksi warna foto.

 

 

Plagiarism Check

Pemeriksa plagiasi dilakukan oleh tim editor JUARA menggunakan perangkat lunak Turnitin® dan Grammarly® Plagiarism Checker.

Penapisan untuk memeriksa adanya plagiarisme dimulai dari partisipasi aktif para penulis untuk memastikan bahwa:

  1. Naskah adalah karya asli, tidak mencontoh hasil karya penulis lain atau tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Naskah belum pernah dipublikasi sebelumnya dan saat ini tidak dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal/prosiding lain.
  3. Naskah tidak mengandung pernyataan yang memfitnah atau melanggar hukum dan tidak mengandung materi apa pun yang melanggar privasi individu, hak kepemilikan, atau hak cipta menurut undang-undang.
  4. Semua penulis telah meninjau ulang naskah, bertanggung jawab atas isi naskah, dan menyetujui naskah tersebut untuk dipublikasi.
  5. Para penulis mengetahui dan menyetujui perjanjian publikasi ini.
  6. Setiap naskah yang diserahkan ke JUARA akan diperiksa kesamaannya dengan perangkat Turnitin. Naskah yang terdeteksi plagiarisme akan segera ditolak dan tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti proses selanjutnya untuk dipublikasikan.

 

References Management

Setiap naskah yang submit ke JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera disarankan menggunakan reference manager misalnya Mendeley