ANALISIS LAJU INFILTRASI TERHADAP BATUAN PENYUSUN KECAMATAN MAKASAR, KOTA JAKARTA TIMUR ANALYSIS OF INFILTRATION RATE IN ROCK FORMATION ON MAKASAR SUB-DISTRICT, EAST JAKARTA

Main Article Content

Carollus Armando Meze Muku
Himmes Fitra Yuda
M. Adimas Amri

Abstract

Infiltrasi dan jenis batuan menjadi hal yang cukup penting dalam sebuah parameter penentuan daerah resapan air. Jakarta merupakan kota dengan tingkat peralihan tata guna lahan cukup intens, sehingga daerah resapan air semakin berkurang dan tingginya tingkat pertumbuhan penduduk menyebabkan sering terjadinya bencana banjir saat musim hujan. Maka dari itu, perlu adanya rencana jangka panjang untuk mengelola tata ruang daerah resapan air di Jakarta sebagai salah satu langkah untuk menanggulangi bencana banjir dan menjadi cadangan air tanah di ibukota. Jenis batuan mengontrol pula sebagai kriteria daerah resapan. Pengambilan data uji nilai infiltrasi menggunakan data primer dengan pengukuran langsung di lapangan menggunakan Double Ring Infiltrometer, sedangkan jenis batuan penyusun dapat diketahui Peta Geologi Regional setempat yang merupakan hasil penelitian sebelumnya.

Dimensions

Downloads

Download data is not yet available.

Plum Analytics

Article Details

Section
Articles

References

Geospasial, 2020, Peta RBI Skala 1:12.500. diunduh dari https://indogeospasial.com

Turkandi, T., Sidarto, D.A. Agustyanto, dan M.M. Purbo Hadiwdjoyo., 1992, Peta Geologi Lembar Jakarta dan Kepulauan Seribu, Jawa, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

SNI 7752-2012., 2012, Tata Cara Pengukuran Laju Infiltrasi di Lapangan Menggunakan Metode Cincin Ganda. BSN, Jakarta

Susanawati, L.D., Rahadi, B., dan Tauhid, Y., 2019, Penentuan Laju Infiltrasi Menggunakan Pengukuran Double Ring Infiltrometer dan Perhitungan Model Horton pada Kebun Jeruk Keprok 55 (Citrus Reticulata) Di Desa Selorejo, Kabupaten Malang. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 1, 28-34.

Most read articles by the same author(s)